Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

perpajakan internasional

PT Kalimantan Plywood (PT.KP), Sebuah perusahaan pabrik Pylwood di balikpapan menandatangi kontrak senilai USd 100.000 dengan posca engineering, yang berkedudukan di korea selatan untuk pekerjaan memperbaiki sebuah mesin pabrik milik perusahaan. pekerjaan berlangsung dari tanggal 1 februari s/d 31 agustus 2015. untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, posca engineering mengirimkan 3 (tiga) orang staff mekaniknya ke indonesia yaitu:
1. Mr. lee bekerja dari tanggal 1 februari s/d 31 mei 2015
2. Mr. chan bekerja dari tanggal 1 februari s/d 15 juli 2015
3. mr. woo bekerja dari awal hingga pekerjaan selesai
gaji mr. lee sebesar USD 1,500 per bulan dibayar langsung oleh PT.KP, sedangkan gaji Mr. chan dan Mr. woo masing Masing sebesar USD 2.000 perbulan dibayar oleh posca engineering, ltd singapore. biaya gaji mr. chan dan mr. woo tidak di bebankan kepada but nya sing technic, pte, ltd di indonesia.
pertanyaan:
a. apakah pekerjaan yang dilakukan. sing technic ltd melalui 3(tiga) orang pegawainya menimbulkan but di indonesia?
b. apakah atas penghasilan senilai kontrak USD 100.000 akan di potong PPh oleh PT.KP? jika ya, dipotong PPh pasal berapa?
c. apakah gaji yang diterima ketiga staff mekanik tersebut dikenakan pajak di indonesia? jika saudara menjawab ya, jelaskan bagaimana cara pemajakannya dan jika tidak jelaskan alasan saudara.

Leave a reply