Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

permintaan SPM,SPT atas PPN

permintaan SPM,SPT atas PPNApakah wajar bila si pembeli meminta ppn di bayar terlebih dahulu oleh penjual dan pembeli meminta bukti SPT,SPM,A2 atas ppn sebagai dokumen untuk membayar ppn ? apakah e-faktur dan e-nova tidak cukup kuat sebagai bukti pelaporan pajak ? terima kasih

Comment ( 1 )

  1. December 8, 2017 at 6:06 am

    efaktur yang diterbikan oleh penjual merupakan bukti pemungutan PPN atas setiap transaksi yang dilakukannya. Dalam kondisi ideal, pemungutan PPN dari pembeli yang dilakukan oleh penjual dilakukan saat terbitnya efaktur tersebut (mana yang lebih dulu antara penyerahan BKP/JKP dan pembayaran).
    Jadi sebenarnya, tidak ada kewajiban bagi penjual untuk menyerahkan bukti pelaporan pajak, SPM, A2 SPT PPN atau bagian kelengkapan lain dari SPT yang dilaporkan penjual.
    ___
    Namun demikian, terjadi di beberapa transaksi dimana ternyata penjual ternyata tidak segera menyetorkan PPN yang telah dipungutnya, sementara ketentuan tanggung renteng memungkinkan kewajiban PPN tersebut ditagihkan juga kepada pembeli (lagi). Nah, atas kejadian demikian seringkali muncul kewas-wasan di sisi pembeli apakah benar PPN yang telah mereka bayarkan kepada penjual telah benar2 disetorkan, untuk itulah mereka meminta kelengkapan sebagaimana saudara sebutkan.
    ___
    Dalam hal demikian, dilihat dari aspek bisnis sah-sah saja (pembeli tidak dapat dipersalahkan atas permintaan tersebut), dan hak penjual untuk memenuhi/tidak permintaan tersebut, dikembalikan pada kepentingan bisnis kedua belah pihak.
    ___
    Semoga membantu

Leave a reply