{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Penjualan Tanah atas nama 3(tiga) Orang berkaitan dengan Pajak

Sertifat Rumah atas nama 3 (tiga) Orang A,B & C, oleh A telah dilaporkan dalaam Spt tahunan sebagai asset, jika rumah tersebut dijual dan hasilnya dibagi rata kepada A,B & C Pertanyaannya adalah Apakah penerimaan atas bagian tersebut oleh B & C dianggap penghasilan? ataukah ada pengakuan lainnya, mohon pencerahannya, terima kasih. (Yos)

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

Ketika tanpa penjelasan kuat, maka fiskus akan menganggap pembagian itu sebagai penghasilan yang diterima oleh B dan C, yang diberikan oleh A.
Namun demikian jika ada dokumen yang menunjukkan bahwa sebenarnya atas harta tersebut, saya asumsikan berasal dari waris/hibah yang diterima oleh A, B, dan C maka silahkan saja langsung lakukan pembagian dan koreksi nilai harta pada sisi SPT A, B serta C.

Adapun jika kemudian menjadi pertanyaan oleh fiskus, menjadi kewajiban bagi anda ber-3 (A, B, C) untuk menjelaskan hal ini.
___
Sepanjang alasannya kuat didukung dokumen formal maka saya rasa Anda tidak perlu khawatir.

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up