Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

mohon penjelasannya bapak/ibu. sy baru mendirikan sebuah CV yang bergerak di bidang general kontraktor. saya ingin bertanya beberapa hal.

1. pajak apa saja yang harus di laporkan setiap bulannya dan contoh laporannya (PPH dan Ppn nya)
2. masalah efaktur, contoh kasus. Saya memiliki kontrak kerja dengan sebuah perusahaan untuk membangun sebuah tower BTS dengan nilai kontrak 120 juta. Dan otomatis ppn nya 10% dari kontrak tersebut. Bagaimana pembuatan laporan ppn tersebut (membuat kode billing dulu, atau membuat laporan di efaktur atau bagaimana) dan pajak trsebut di bayarkan oleh siapa.
Terimakasih sebelumnya. Salam sukses

Comment ( 1 )

  1. July 7, 2017 at 12:14 am

    1. yang rutin harus dilapor antara lain SPT Masa PPh Pasal 21, PPh Final 1% (bila omset setahun di bawah 4,8 M /sebulan dibawah 400juta) sedangkan untuk PPN baru wajib lapor bila sudah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Ada juga PPh Pasal 23, Pasal 4 ayat (2), Ps 22 dll yang sifatnya baru lapor bila ada transaksi.
    2. yang harus dibuat adalah faktur pajak terlebih dahulu melalui e faktur. Nilai kontrak+PPN dibayar oleh perusahaan pengontrak kepada CV Anda. Faktur yg telah dibuat dilaporkan dan dihitung (dikurangi dengan Faktur Pajak Masukan yang diterima CV anda) dalam SPT Masa PPN. Berdasarkan hasil penghitungan dalam SPT Masa tersebut CV anda menyetor/membayar PPN yang masih harus dibayar ke bank/pos.
    bukti pembayaran dan SPT dilaporkan ke KPP.

Leave a reply