Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Halo mas saya ingin bertanya jika seseorang yang penghasilan tahunannya di bawah PTKP. Dia sudah tidak melapor pajak semenjak 2013. Tetapi dia mendapatkan sebuah hibah berupa ruko dari keluarganya. Apakah dia perlu melaporkan pajak dengan mengisi SPT dan juga melaporkan bangunan hibah yang diterimanya? Jika harus melapor apakah langkah yang harus dilakukan? Dan apakah akan dikenakan denda? Berhubung periode pelaporan PPH 21 sudah berakhir. Thanks

Comments ( 4 )

  1. July 20, 2016 at 7:01 am

    sekalipun berpenghasilan di bawah PTKP, prinsipnya kewajiban pelaporan SPT Tahunan Anda tidak hilang, Anda tetap wajib melaporkannya meskipun dengan status PPh terhutang Nihil. Pun kewajiban pelaporan SPT tahunan tersebut bukan karena adanya hibah harta dan sejenisnya.

    Adapun perolehan harta karena hibah tersebut turut wajib Anda laporkan dalam isian daftar harta pada SPT Tahunan yang akan Anda laporkan.

    Atas keterlambatan pelaporan tersebut akan dikenai sanksi sesuai UU, untuk keterlambatan pelaporan tersebut Anda dikenakan sanksi sebesar 100ribu untuk per keterlambatan penyampaian SPT Orang Pribadi.

    Sekalipun terlambat saya sarankan Anda untuk tetap melaporkannya.

  2. July 20, 2016 at 11:05 am

    terima kasih untuk jawabannya yang sangat membantu. Oh ya min sehubungan sekarang ada Tax Amnesty. Apakah sanksi denda dapat dihindari pada saat pelaporan? terima kasih..

  3. July 21, 2016 at 1:18 am

    jika memang ada harta yang baru akan Anda ungkap melalui program tax amnesty maka sanksi tersebut bisa dihapuskan….

  4. July 21, 2016 at 12:10 pm

    Lalu mas langkah awalnya hanya melaporkan SPT saja ya? dan di kolom harta, dilaporkan harta yang belum pernah dilaporkan? Selain PPh21 dan PBB apa ada lagi yang perlu dilapor? trims

Leave a reply