Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Penghasilan dari luar negeri

Saya mempunyai perusahaan kecil berupa CV, pendapatan perusahaan sepenuhnya berasal dari memberikan jasa konsultasi kepada perusahaan asing. Kontrak kerja dibuat antara CV saya dan perusahaan asing yang tunduk pada hukum dan berkefudukan di negara terdaftar (bukan cabang atau perwakilannya di Indonesia) serta sepenuhnya mengikuti hukum arbitrasi yang berlaku di Singapura. Bagaimana perhitungan PPN dan PPH yang menjadi kewajiban saya?

Comments ( 2 )

  1. naufalaziz
    September 30, 2016 at 9:36 am

    Untuk PPN tentu Anda mesti sesuaikan apakah perusahaan Anda berstatus dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak)? jika iya, maka sesuai ketentuan bahwa Wajib Pajak berstatus PKP berkewajiban menerbitkan Faktur Pajak atas setiap penyerahan yang dilakukannya (baik penyerahan barang/jasa kena pajak), sekalipun kemudian atas penyerah jasa ke luar daerah pabean (ekspor JKP) memperoleh keringan tarif 0%

    sementara untuk PPh atas penghasilan yang Anda terima dari luar negeri tersebut, sesuaikan dengan ketentuan tax treaty antara Indonesia – Singapura. Di dalamnya mengatur beberapa jenis penghasilan dan perlakuan pajaknya.

    Mudahnya, jika mereka tidak melakukan pemotongan pajak atas penghasilan yang dibayarkannya/anda terima maka penghitungan kewajiban dan pemenuhannya sepenuhnya dilakukan menerapkan UU Pajak Penghasilan Indonesia, ini akan anda perhitungkan dalam perhitungan PPh Tahunan perusahaan Anda.

    Ketika ternyata mereka melalukan pemotongan pajak atas penghasilan yang anda terima, maka pemotongan tersebut minta bukti pemotongannya, dan ia akan berlaku sebagai kredit pajak saat Anda menghitung kewajiban PPh tahunan perusahaan Anda.

  2. October 1, 2016 at 6:46 am

    Terimakasih atas jawaban dan informadinya

Leave a reply