Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pengampunan pajak dan NPWP bagi wajib pajak luar negeri non efektif

Perkenankan saya bertanya tentang pembuatan NPWP bagi WNI yg lama tinggal di LN. Mohon dimaklumi apabila pertanyaan ini agak mirip dengan pertanyaan yang sudah ada.

Saya menerima pendapatan pertama tahun 1997. Saat itu saya bekerja di Indonesia dan membayar pajak melalui perusahaan. Saya tidak memiliki NPWP. Dalam bukti bayar pajak hanya tercantum NPWP perusahaan.

Sejak tahun 2006 saya pindah ke Korea, awalnya untuk belajar, namun setelah lulus tahun 2010, saya langsung bekerja. Saya membayar pajak di Korea dan menerima tanda bukti lunas pajak dari kantor pajak Korea.

Sebagai informasi tambahan, saya tidak mempunyai rumah dan harta di Indonesia. Saya hanya mempunyai satu tabungan di BNI dengan jumlah saldo di bawah 10 juta Rupiah.

Pertanyaan saya,
(1) berkaitan dengan pengampunan pajak (tax amnesti), apakah pendapatan yang saya peroleh selama bekerja di Korea (dalam bentuk uang/tabungan ataupun properti) berpotensi untuk dikategorikan sebagai objek yang harus dilaporkan untuk pengampunan pajak (meskipun sudah dikenai pajak di Korea)?
(2) Apakah dengan diterbitkannya UU Pengampunan Pajak, saya wajib membuat NPWP?
(3) Tentang pembuatan NPWP, adakah kantor yang dapat dihubungi untuk membuat NPWP bagi wajib pajak yang tinggal di luar negeri? Saya pernah menanyakan hal ini ke KBRI Seoul, tetapi KBRI tidak menyediakan layanan pajak.

Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan penjelasan yang Bapak/Ibu berikan.

Comment ( 1 )

  1. August 28, 2016 at 1:09 pm

    Selamat malam,
    Melihat kondisi rekan yang saat ini telah menetap di LN, rekan merupakan subjek pajak LN, ditambah memang belum ber-NPWP Indonesia, dan sepenuhnya bersumber penghasilan yang diperoleh dari LN.
    ___
    Oleh karenanya rekan belum memiliki kewajiban pajak Indonesia, sehingga juga belum diwajibkan ber-NPWP Indonesia.
    ___
    Tax amnesty merupakan pilihan, adapun uang tebusan yang dibayarkan oleh peserta bukanlah pengganti pajak, jadi bagi pesertanya dijamin tidak mengalami double tax.
    ___
    Sekalipun berkedudukan sebagai subjek pajak LN, setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk ikut serta dalam program ini, tentu wajib memiliki NPWP Indonesia terlebih dahulu, mengingat UU Tax Amnesty memiliki kekhususan (lex specialis) tanpa melihat asal-usul perolehan pernghasilan yang terepresentasi dalam harta yang saat ini dimiliki
    ___
    Bagi WNI atau wajib pajak yang berkeinginan mendaftaran NPWP namun tidak berkesempatan hadir di KPP maka bisa melakukan pendaftaran NPWP secara online melalui: https://ereg.pajak.go.id/login
    ___
    Demikian rekan, semoga membantu

Leave a reply