Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pengakuan pajak

Hello,
Saya ingin tanya pengakuan pajak mengenai :
1. Jika WP Pribadi ada mobil yang masih leasing dan BPKB belum atas nama WP tsb apakah pas lapor SPT tetap ditulis mengenai kendaraannya?

2. WP ada beli rumah yang masih cicil DP itu juga harus dilaporkan di SPT?

3. Jika di rek WP ada transaksi kluar masuk uang cukup besar tapi uang tsb bukan uang WP scr pribadi, hanya numpang lewat saja supaya rek koran bagus, pengakuan di SPT bagaimana ya?

4. Mengenai PPH badan jika perusahaan baru yang sudah mulai beroperasi tp masih rugi, pengakuan fiskal untuk lapor pajak gmn cara perhitungannya?

Comment ( 1 )

  1. March 30, 2017 at 5:40 am

    Salaam,
    untuk nomor 1, silahkan laporkan di daftar harta atas nilai perolehan (tunai) mobil dan laporkan di daftar kewajiban untuk nilai hutang leasing yang masih wajib dibayarkan per kondisi Desember 2016
    ___
    untuk nomor 2, jika belum sampai dengan akad jual beli sebaiknya jangan Anda akui dulu. Namun jika sudah sampai akad jual beli, silahkan laporkan di daftar harta senilai harga tunai rumah tersebut, dan di bagian daftar kewajiban senilai pokok hutang (KPR), jika pembelian rumah tersebut menggunakan pembiayaan KPR.
    ___
    untuk no.3, kita pertimbangkan de facto-nya jika memang bukan (hak) uang wajib pajak maka sebaiknya tidak diakui dalam daftar harta wajib pajak
    ___
    silahkan tuangkan angka penghasilan yang sebenarnya, jika memang masih merugi silahkan tuangkan nilai kerugian, tentunya setelah penyesuaian fiskal (positif maupun negatif) atas biaya2 operasi perusahaan tersebut.
    ___
    untuk mendapatkan panduan terkait penyesuaian fiskal tersebut silahkan temui Account Representative (petugas konsultasi) di KPP tempat perushaan tersebut terdaftar.

Leave a reply