Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

hal-hal apa saja yang memjadi penyebab terjadinya pemeriksaan pajak? baik dalam pemeriksaan kantor maupun pemeriksaan lapangan, bisa di berikan contoh alur pemeriksaannya?

Comment ( 1 )

  1. February 3, 2014 at 4:56 am

    Untuk pemeriksaan sendiri, yang saya tahu ada yang disebut sebagai pemeriksaan rutin, jenis pemeriksaan ini sendiri dilakukan dalam rangka (sebab) restitusi/pengembalian kelebihan pembayaran pajak yang tercantum dalam SPT Tahunan maupun SPT Masa (misalnya: SPT PPN Lebih Bayar).

    Berikutnya adalah Pemeriksaan khusus, biasanya dilakukan dalam rangka menguji kepatuhan Wajib Pajak. Nah jenis pemeriksaan ini berdasarkan usulan yang dibuat oleh Seksi Pengawasan dan Konsultasi mendasarkan pada beberapa data yang kemudian dituangkan dalam Analisis Resiko yang kemudian didapatkan indikasi bahwa Wajib Pajak belum melaporkan kewajiban pajaknya sebagaimana mestinya.

    Terkait Alurnya sendiri, pada hakikatnya sama dengan Audit Keuangan pada umumnya… point pentingnya, ada pemeriksaan lapangan dimana tim pemeriksa perlu mengetahui proses bisnis Wajib Pajak, Permintaan dokumen pendukung pemeriksaan (spt laporan keuangan, dokumen transaksi, kartu stok, rekening koran dsb), konfirmasi kepada lawan transaksi, pemeriksaan kantor, pemberitahuan hasil pemeriksaan, pembahasan (closing). Kira-kira demikian.

    Jika ada rekan yang hendak menambahkan terkait proses pemeriksaan lebih lengkap silahkan…

Leave a reply