Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

CV membeli Tanah&Gedung sebagai penngembangan usaha dengan diatasnamakan ke direktur. Tanah&Gedung belum pernah dilaporkan dalam SPT Tahunan CV & SPT Tahunan direktur..
Pertanyaannya :
1.untuk mengikuti Tax Amnesty 2016, harta tambahan ini di deklarasikan di cv atau direktur (OP)? dimana faktanya harta tambahan ini merupakan tempat usaha CV yang dokumen sah kepemilikan atasnama direktur.
Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.

Comments ( 5 )

  1. naufalaziz
    August 3, 2016 at 8:22 am

    memang benar bahwa dalam format badan hukum komanditer berupa CV, perlakuan pajak pada CV bisa mewakili perlakuan pajak orang pribadi “pemilik” CV. oleh sebab itu bagian laba cv yang diterima oleh pemegang saham/pemilik CV tidak dipajaki lagi.
    —–
    Namun demikian, praktiknya, sangat mungkin CV didirikan oleh dari dua atau lebih sekutu (aktif maupun pasif). Untuk itu, dalam kasus rekan, apalagi keberadaan harta tersebut secara de jure atas nama OP direktur/pemilik CV maka saran saya terkait program TA, ajukan atas nama OP saja, lebih mudah pembuktian secara hukum kepemilikannya juga.

    • August 3, 2016 at 8:50 am

      untuk OP dilaporkan sebagai tambahan penanaman modal atau harta tidak bergerak kemudian dikenakan sewa kepada cv (PPh Final pasal 4(2) ya rekan

  2. naufalaziz
    August 3, 2016 at 8:56 am

    sebagai harta tidak bergerak rekan…
    toh tidak tidak ada pemisahan harta antara cv dengan harta pemiliknya, yang artinya tidak perlu perlakuan sewa yang dikenakan pph pasal 4(2) juga….
    beda kasus dengan PT…
    jika kasusnya PT maka, saya sepakat perlakuannya menjadi penyertaan modal (dalam bentuk aset tetap itu), atau menjadi harta yang disewakan yang kemudian wajib potong PPh 4(2) atas sewa–yang ini untuk PT ya…—

    • August 3, 2016 at 9:05 am

      terima kasih untuk saran dan solusinya,
      kami berencana memasukan tanah & gedung ini di surat pernyataan OP dan untuk CV akan menambahkan pickup pembelian awal 2015 dan belum terlapor di SPT tahunana 2015 CV

  3. March 25, 2017 at 6:03 am

    Klw misalnya ya pemegang modal cv tunggal. Namun di spt pribadi belum dimasukkan atas setor modal tersebut. Sebaiknya ikut ta atau pembetulan ya krn misalny si pemimpin rencana mau nutup perusahaan. Dan uang tidak ada.

Leave a reply