Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

penambahan harta pada SPT 2016, bisakah menggunakan e-filling?

saya mempunyai rumah (tak dihuni) dengan nama saya, namun belum saya laporkan pada SPT 2015 tahun lalu karena belum bayar PBB sekian tahun. pada desember 2016 saya bayar semua PBB yang tertunggak atas rumah tsb. pada SPT 2016 ini, untuk pertama kalinya saya isi nilai NJOP rumah tsb dalam daftar harta saya. apa yang harus saya lakukan? apakah saya bisa melaporkan SPT saya secara online (e-filling) ataukah harus ke kantor pajak? padahal saat ini saya berada di luar kota (bukan kota asal KTP maupun NPWP). mohon pencerahannya…

Comment ( 1 )

  1. March 24, 2017 at 1:49 am

    rekan bisa melaporkannya menggunakan efiling (pelaporan SPT secara online) untuk kewajiban SPT Tahunan 2016 yang baru akan Anda laporkan tersebut. Namun untuk SPT 2015 yang telah rekan laporkan sebelumnya secara manual, wajib rekan lakukan pembetulan SPT (yang juga wajib dilaporkan secara manual ke KPP tempat terdaftar) untuk melaporkan harta yang belum rekan laporkan tersebut.
    ___
    Perlu diketahui bahwa pelaporan harta pada SPT tidak tergantung pada sudah dibayar/belum dibayarnya kewajiban PBB atas aset tersebut.

Leave a reply