Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya sedang pengajuan tagihan DP pada suatu pekerjaan, dan PT tersebut meminta syarat harus ada faktur pajak dan bukti pembayaran ppn 10% dari DP, jika syarat tersebut sudah di penuhi, baru DP di bayar kan kesaya, apa yg harus saya lakukan?

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    May 21, 2015 at 1:54 am

    sesuai dengan ketentuan Sesuai PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR : PER – 24/PJ/2012 beserta ketentuan perubahannya, yang menyebutkan bahwa faktur pajak diterbitkan saat:
    a. saat penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak;
    b. saat penerimaan pembayaran dalam hal penerimaan pembayaran terjadi sebelum penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau sebelum penyerahan Jasa Kena Pajak;

    Namun pada praktik bisnisnya, sebagian perusahaan memerlukan FP dari supplier sebagai salah satu bagian pencairan dana untuk pembayaran atas pembelian yang mereka lakukan. dalam hal demikian, tidak ada salahnya Saudara mengikuti keinginan/syarat yang diajukan pembeli tersebut, dengan bebera catatan tentunya, seperti:

    -saat pencairan pembayaran tidak melebihi waktu satu bulan dari tanggal terbitnya faktur pajak. Karena hal ini terkait dengan jatuh tempo penyetoran dan pelaporan PPN yang menjadi kewajiban saudara

    -perlu disampaikan/dipastikan kepada pembeli perkiraan tanggal pencairan pembayaran tersebut, sehingga bisa saja Anda melakukan penanggalan faktur pajak menyesuaikan tanggal diterimanya pembayaran/bagian pembayaran tersebut.

    Demikian, semoga membantu

Leave a reply