Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat Siang, saya telah menerbitkan Faktur Pajak Keluaran bulan Desember 2015 dan sudah dilaporkan SPT PPN nya. tapi transaksi tersebut baru dapat ditagihan Januari 2017. dengan kata lain Faktur Pajak yang telah saya terbitkan dan telah saya laporkan telah kadaluarsa bila saya pakai dalam penagihan. yang ingin saya tanyakan dalam kondisi tersebut apakah yang harus saya lakukan, Membatalkan faktur pajak yang lama atau membuat faktur pengganti? terima kasih atas jawabannya.

Comment ( 1 )

  1. January 17, 2017 at 7:41 am

    Penyerahan memang telah terjadi di bulan desember 2015 kan? artinya benar sudah semestinya rekan menerbitkan FP di bulan desember tersebut.
    ___
    Sesuai ketentuan, FP diterbitkan saat mana yang lebih dulu (antara penyerahan, penagihan atau penerimaan pembayaran). Dalam transaksi rekan di atas tidak ada istilah FP kadaluarsa. Justru jika rekan menggantikannya dengan FP yang terbit baru di bulan januari 2017, rekan bisa dianggap terlambat menerbitkan FP, dengan sanksi 2% dari nilai Dasar Pengenaan Pajak.
    ___
    Simpulannya, tidak ada pengganti atau pembatalan FP atas kasus rekan Risqi di atas, untuk penagihan tetap menggunakan FP tersebut.

Leave a reply