Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

pelaporan spt tahunan 1770 ss

Selamat siang.
Saya bekerja sebagai guru bimbel dengan gaji netto tahunannya di bawah ptkp. Menurut PMK-243/PMK.03/2014 Pasal 18. Pengecualian dalam kewajiban penyampaian spt tahunan, apabila dalam satu tahun pajak menerima penghasilan netto yang tidak melebihi/di bawah ptkp.
Apakah benar. Jika iya saya tidak perlu melakukan pelaporan spt tahunan pada bulan maret tahun ini.

Mohon bantuan dan penjelasannya. Terima Kasih

Comments ( 2 )

  1. March 20, 2017 at 6:32 am

    aturan selengkapnya berbunyi sebagai berikut:
    (1) Wajib Pajak Pajak Penghasilan tertentu dikecualikan dari kewajiban menyampaikan SPT.

    (2) Wajib Pajak Pajak Penghasilan tertentu merupakan Wajib Pajak yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

    a. Wajib Pajak orang pribadi yang dalam satu Tahun Pajak menerima atau memperoleh penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 7 Undang-Undang PPh; atau

    b. Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan kegiatan usaha atau tidak melakukan pekerjaan bebas.

    (3) Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a, dikecualikan dari kewajiban menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 25 dan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi.

    (4) Wajib Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b, dikecualikan dari kewajiban menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 25.

    ___
    Jika status rekan adalah guru bimbel di sebuah institusi (pemberi kerja) yang menerbitkan bukti potong 1721 A1 bagi Anda maka anda memenuhi kriteria ayat 3 yang dikecualikan dari kewajiban penyampaian SPT PPh 25 maupun SPT Tahunan
    ___
    Namun jika institusi tempat Anda bekerja tidak menerbitkan bukti pottong form 1721 A1, maka anda masuk kriteria ayat 4, yaitu melakukan pekerjaan bebas yang hanya dikecualikan dari penyampaian SPT PPh 25 (kewajiban masa)

    • March 20, 2017 at 12:45 pm

      Tempat saya bekerja tidak menerbitkan bupot 1721 A1 untuk saya. Maaf mau tanya sekalian, penghasilan saya, katakan diantara 2-3 juta, kenapa juga kantor saya memotong gaji saya? kalo di potong juga tidak ada nominalnya atau 0. Lalu, jika saya wajib melakukan penyampaian spt tahunan 1770 ss, bagaimana cara pengisiannya? lalu lampiran apa saja yg harus disiapkan?

      Terima Kasih. Mohon bantuannya

Leave a reply