Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Yth.Konsultan Pajak,

Bagaimana pelaporan pajak pada form SPT 1770 S jika kondisinya adalah :
– istri ikut NPWP suami tapi suami sudah tidak bekerja lagi.
istri masih bekerja sebagai karyawan swasta.
suami sudah tidak ada penghasilan lagi.

Pada form SPT 1770 S :
– Halaman 1, kolom Identitas. Biasanya jika suami bekerja, akan diisi nama suami. Sekarang jika penghasilan hanya dari istri, apakah pada kolom identitas SPT 1770S diisi nama istri saja ?

– Pada lampiran I, kolom Bagian C. Biasanya jika suami bekerja, akan diisi jumlah PPh yang dipotong dari nama pemotong tempat suami bekerja. Sekarang jika penghasilan hanya dari istri, apakah pada bagian ini diisi dengan nama pemotong tempat istri bekerja ?

– Pada lampiran 2, kolom Bagian A point 13. Biasanya jika suami bekerja, maka penghasilan istri dari satu pemberi kerja dituliskan pada bagian ini. Tetapi jika penghasilan hanya dari istri saja dan istri yang lapor SPT 1770 S, apakah bagian A point 13 dikosongkan saja ?

Ditunggu jawabannya, terima kasih.

Salam,
Micha

Comment ( 1 )

  1. April 19, 2017 at 8:06 am

    Dalam kasus demikian rekan (karena suami tidak memiliki penghasilan dan tentu tidak memiliki bukti potong PPh), maka silahkan laporkan menggunakan Form 1770 (tanpa S), untuk identitas Wajib Pajak tetap menggunakan nama suami sebagai wajib pajaknya.
    ___
    atas penghasilan istri yang telah dilakukan pemotongan oleh pemberi kerja (istri punya bukti potong 1721-A1), silahkan cantumkan pada lampiran III (1770-III),
    ___
    untuk menerangkan bahwa suami tidak bekerja, silahkan tambahkan surat pernyataan bermaterai sebagai lampiran, yang menyatakan bahwa di tahun pajak tersebut suami tidak bekerja
    ___
    Demikian rekan, jadi bukan lagi menggunakan form 1770 S ya

Leave a reply