Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Siang pak

Saya mau menanyakan mengenai pelaporan PPN.
Perusahaan saya sudah didaftarkan bulan agustus 2013 dan sudah punya NPWP (PKP-nya belum Jadi), akan tetapi untuk PKP-nya belum terbit s/d saat ini. Nah untuk pelaporan PPN-nya gimana ya pak. Apakah saya harus nunggu terbit PKP dulu atau bisa saya laporkan sebelum PKP tersebut saya terima. untuk transaksi memang belum ada ya pak.
Trims..

Comment ( 1 )

  1. March 15, 2014 at 11:02 am

    Dalam kasus demikian, untuk bisa menerbitkan Faktur Pajak dan Pelaporan PPN memang harus dipastikan bahwa Bapak/perusahaan bapak telah dikukuhkan sebagai PKP. Apalagi, tekait dengan pelaporan PPN kan baru jatuh tempo sampai dengan akhir bulan berikutnya. Misal, kewajiban penyetoran dan pelaporan PPN atas transaksi bulan Februari wajib dilaporkan paling lambat s.d. akhir bulan Maret.

    Nah semisal bapak mengajukan pengukuhan di bulan maret ini, setidaknya Pihak KPP akan memproses permohonan tersebut tidak lebih dari jangka waktu 1 bulan. Dan ketika misal Surat Pengukuhannya terbit pertengahan bulan April, jadi bapak masih memiliki kesempatan sampai dengan akhir april untuk pelaporan dan penerbitan fakturnya (jika kemudian ada transaksi).

    Jangan sampai terlambat melaporkannya ya Pak, karena denda atas keterlambatan pelaporan SPT Masa PPN ini sebesar 500ribu per keterlambatan.

    Demikian, semoga membantu.

Leave a reply