Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat Siang.. Saya mau tanya tentang pelaporan PPN Pasal 1111.. Perusahaan saya bergerak dibidang kontraktor.. Apakah pelaporan pajak bulan ini harus dilaporkan pada bulan berikutnya? Misalnya pada bulan november melaporkan pajak di bulan oktober? apabila dibulan oktober tidak terdapat pajak keluaran tapi ada pajak masukan, bagaimana pelaporannya? sedangkan di bulan november ada pajak keluaran juga pajak masukan, apakah pelaporan dan pembayaran juga dilakukan pada tanggal 20an bulan november? Mohon penjelasannya soalnya saya masih baru di bidang ini. Trims

Comments ( 2 )

  1. November 22, 2014 at 3:22 pm

    Selamat Malam Pak,
    langsung saja saya coba jawab pertanyaan Bapak.
    Pelaporan kewajiban PPN atas sebuah transaksi penyerahan barangn/jasa kena pajak (PPN) paling lambat disetorkan dan dilaporkan pada akhir masa pajak berikutnya.
    Misalkan atas transaksi penyerahan Jasa Konstruksi yang Bapak lakukan di bulan Oktober (diikuti dengan penerbitan Faktur Pajak tentunya) wajib disetorkan (jika ada selisih lebih Pajak Keluaran – Pajak Masukan) dan dilaporkan s.d. akhir bulan November.

    Kemudian jika dalam satu masa pajak Bapak tidak terdapat transaksi sehingga tidak ada pajak keluaran (menerbitkan Faktur Pajak atas penyerahan barang/jasa kena pajak) namun justru terdapat Pajak Masukan, maka dapat saya pastikan masa tersebut terjadi lebih bayar PPN, dan atas kelebihan bayar tersebut dapat dikompensasikan ke masa pajak berikutnya.

    Semoga penjelasan ini bisa membantu, jika ada pertanyaan lanjutan dipersilahkan

    • November 26, 2014 at 2:17 am

      selamat pagi pak..
      sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas penjelasannya.. dan saya sudah buat laporan pajak di bulan november dan lebih bayar PPN..
      yang mau saya tanyakan bagaimana pelaporan nantinya di bulan desember.. apakah saya laporkan seperti biasa hanya saja dikurangi dangan lebih bayar bulan november?
      mohon penjelasannya.. Thanks

Leave a reply