Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pelaporan npwp tiap tahun

Assalamualaikum…
Saya sedikit curhat
2010 yang lalu sy diterima sbgai karyawan d sebuah perusahaan farmasi dan mensyaratkan NPWP…
Jadi sy memiliki NPWP yg trdftr sejak juni 2010, Diperusahaan trsebut saya hanya bekerja selama setahun sesuai kontrak dan sy brhenti dan melanjutkan kuliah.

Jujur sy baru tau tentang kewajiban pelaporan NPWP tiap tahun.

Yg sy tanyakan
Skrn sy sdh lulus kuliah dan sy di terima lagi bekerja dan memerlukan NPWP. Jika saya ingin membereskan NPWP sy dan mnjadi warga negara yang baik..kira2 kiat2 apa yg sy harus lakukan dan sanksi apa yg harus sy jalani?

Comment ( 1 )

  1. November 18, 2016 at 2:15 am

    Salaam, untuk NPWP yang Anda gunakan cukup dengan NPWP pertama yang pernah Anda daftarkan dulu (waktu kerja pertama kali). Kewajiban pelaporan SPT Tahunan (bukan kewajiban pelaporan NPWP), memang wajib dilakukan setiap tahun bagi wajib pajak yang telah terdaftar ber-NPWP.

    Apapun kondisi wajib pajak pada tahun bersangkutan (bekerja/tidak kah, berpenghasilan di atas batas/di bawah batas PTKP kah, dengan pajak terhutang/pajak nihil kah). Pada prinsipnya, seseorang wajib pajak ber-NPWP wajib memenuhi kewajiban pelaporan SPT Tahunan setiap tahunnya,apapun kondisinya. Sehingga negara tahu bahwa seseorang wajib pajak/warga negara berkewajiban membayar pajak/tidak sesuai dengan kondisi ekonominya pada tahun tersebut.

    Lalu bagaimana mekanisme pelaporan SPT Tahunan yang sebenarnya sesuai aturan, untuk yang satu ini, rekan dapat hadir di Kantor Pelayanan Pajak tempat rekan terdaftar untuk memperoleh panduan dan juga penjelasan detail mekanisme pelaporan SPT Tahunan tersebut.

Leave a reply