Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Panduan e-Filing SPT Masa & Tahunan Wajib Pajak Badan

Untuk dapat menggunakan fasilitas e-filing wajib pajak wajib memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) terlebih dahulu. Nah EFIN ini bisa diajukan melalui KPP tempat wajib pajak terdaftar.

Setelah mendapatkan EFIN, pertama kali, wajib pajak mesti meregistrasikan diri melalui laman https://djponline.pajak.go.id (laman djponline) . Tahapan awal ini hampir sama dengan tahap penggunaan e-filing dalam pelaporan SPT Orang Pribadi melalui web filing.

Untuk memulai registrasi, setelah membuka laman djponline, silahkan cari dan klik keterangan “Anda belum terdaftar? daftar di sini”, seperti pada gambar berikut.

Registrasi Layanan DJPOnline - e-Filing

Registrasi Layanan DJPOnline – e-Filing. Silahkan kunjungi https://djponline.pajak.go.id

Selanjutnya akan tampil formulir registrasi, silahkan isi dengan NPWP, EFIN yang telah didapatkan, kode keamanan dan lanjutkan dengan klik tombol verifikasi. Akan tampil satu formulir isian kembali yang meminta Anda mengisikan nomor telepon (gunakan nomor telepon yang belum pernah digunakan pada akun djponline untuk NPWP lainnya), alamat email aktif, serta password  yang akan Anda gunakan.

Isi Form Registrasi e-Filing

Isi formulir registrasi

Setelah sukses dengan isian form registrasi, silahkan login ke inbox email Anda. Server e-filing akan mengirimkan link aktivasi silahkan lanjutkan dengan klik link aktivasi yang Anda terima seperti pada gambar berikut.

Klik Link Aktivasi e-Filing

Klik link aktivasi e-Filing yang dikirim melalu email yang didaftarkan

Setelah link aktivasi di-klik, Anda akan dibawa ke halaman login. Lanjutkan dengan mengisikan NPWP, password akun djponline (yang telah Anda tentukan saat proses registrasi), serta kode keamanan (captcha yang muncul) dan klik login.

Login pada Akun DJPonline - e-Filing

Login pada akun DJPonline – e-Filing

Setelah sukses login, Anda akan dibawa ke halaman utama akun djponline, terdapat beberapa menu layanan yang dapat kita akses seperti E-Filing, E-Billing, dst. Apabila terdapat perubahan alamat email, nomor telepon atau password yang digunakan silahkan klik menu “Profil Lengkap”. Karena kali ini kita membahas panduan e-filing, kita langsung menuju dan klik menu E-Filing pada bagian header atau klik logo e-filing seperti pada gambar berikut.

Klik Menu e-Filing

Halaman utama akun djponline

Anda akan dibawa ke halaman berisi daftar SPT. Karena ini adalah kali pertama-nya kita menggunakan e-filing tentu halaman ini belum berisi daftar SPT yang kita pernah submit sebelumnya. Untuk mulai melaporkan SPT melalui laman e-filing Anda dapat lanjutkan dengan klik tombol “Buat SPT”.

Klik Menu Buat SPT

Klik Menu Buat SPT

Nah, berikut adalah tampilan  yang membedakan antara e-filing untuk wajib pajak orang pribadi dengan e-filing untuk wajib pajak badan hukum. Bagi wajib pajak badan, Anda diminta cukup untuk meng-upload file CSV hasil (output) dari aplikasi e-SPT pada menu File SPT [+Browse file CSV]. Ingat, jangan pernah me-rename file CSV bentukan dari aplikasi e-SPT. Adapun menu Lampiran [+Browse file pdf] digunakan untuk meng-upload file lampiran selain file SPT (seperti surat kuasa, bukti setor dsb). Nama file pdf lampiran tersebut harus sama dengan nama file CSV.

Upload File CSV SPT - e-Filing

Upload File CSV SPT – e-Filing

Setelah Anda browse file CSV dan file pdf lampiran (jika ada), silahkan lanjutkan dengan klik tombol Start Upload. Proses selanjutnya akan diikuti dengan notifikasi permintaan Kode Verifikasi, yang akan dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan. Setelah cek inbox, silahkan masukkan Kode Verifikasi yang Anda peroleh dan lanjutkan dengan kirim SPT.

Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) akan dikirimkan kembali melalui alamat email terdaftar. Bukti tersebut merupakan bukti pelaporan SPT Anda. Jika diperlukan, Anda juga bisa melihat BPE ini melalui laman djponline Anda, melalui menu Arsip SPT.

Demikian, mudah bukan pelaporan SPT melalui e-filing? semoga panduan singkat pelaporan SPT Masa maupun Tahunan melalui e-filing ini mudah Anda pahami dan memberi manfaat secara luas. Salaam sukses!

Leave a reply