Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

Comment ( 1 )

  1. June 16, 2014 at 3:00 pm

    Jika Saudara melakukan kegiatan dengan menyewa ruang maka akan timbul PPh Pasal 4 ayat 2 terkait jasa persewaan yang bersifat final yang harus Saudara potong dari penghasilan yang akan diterima oleh pihak yang menyewakan (hotel) sebesar 10% dari nilai sewanya, dan untuk itu Saudara wajib menerbitkan bukti potongnya.

    Dalam hal ini, dari pihak pengguna/penyewa ruangan dikenakan PPN jika pihak hotel berstatus sebagai PKP (pengusaha kena pajak), dibuktikan dengan mereka (pihak hotel) menerbitkan faktur pajak. Dan oleh sebab saudara berlaku sebagai bendaharawan pemerintah, maka atas PPN tersebut Saudaralah yang wajib menyetorkannya langsung ke kas negara menggunakan SSP (Surat Setoran Pajak) dengan kode jenis setoran 411211-900

    Kemudaian jika Saudara menggunakan jasa event organizer maka atas penghasilan yang akan saudara bayarkan kepada pihak EO wajib saudara potong untuk PPh pasal 23 sebesar 2% dari nilai kontrak/fee untuk EO.

    Dari segi konsumen (saudara selaku pengguna jasa) timbul kewajiban PPN jika pihak EO juga berstatus sebagai PKP, dan mereka wajib menerbitkan Faktur Pajak, mekanisme penyetoran PPNnya pun sama seperti kasus sewa di atas.

    Demikian, jika ada rekan yang hendak menambahkan dipersilahkan…

Leave a reply