Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Ass..mohon penjelasan apakah ada ketentuan atau undang-undang ataupun perda tentang pajak progresif terhadap transaksi tanah yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun..saya tinggal di daerah depok dan telah melakukan transaksi jual beli tanah dalam waktu satu tahun yaitu tahun 2015 ini..namun pada transaksi kedua sy dikenakan pajak progresif senilai 5 prsen dari harga atau setara dengan pph(pajak penjual)..mohon jawaban apakah benar ada ketentuan dalam pajak progresif terhadap tanah sepengetahuan saya hanya kendaraan yang bisa diterapkan ..kalau ada ..apakah ada undang-undang atau perda yang berlaku..terimakasih sebelumnya ..mohon atas jawabannya

Comment ( 1 )

  1. December 28, 2015 at 7:19 am

    Wa alaikum salaam,
    saya coba jawab terkait aspek pemajakan di sisi penjual (penerima penghasilan) atas transaksi jual beli tanah tersebut. Adapun dari sisi penerima penghasilan atas transaksi tersebut dikenakan Pajak Penghasilan sebesar 5% dari nilai jual/transaksi, hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2008. Dalam kenetentuan tersebut sama sekali tidak diatur pengenaan secara progresif. Jika anda melakukan dua, tiga kali transaksi dalam satu tahun untuk objek yang berbeda..maka akan dikenakan sebesar 5% dari nilai transaksi untuk setiap transaksi tersebut….

    tidak ada tarif bersifat progresif untuk penghasilan yang diterima dari pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan tersebut.

Leave a reply