Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat siang, saya mau konsultasi.Kemarin saya berinisiatif untuk mengajukan permohonan NPWP online. Saat ini saya bekerja di sebuah CV milik teman saya dengan gaji tidak lebih dari 2jt sebulan. Pertanyaanya:

1. Apakah saya kena PKP ya?

kemudian, saya sebenernya punya rencana untuk resign akhir bulan ini, dan saya belum ada rencana kerja di mana. pertanyaanya:

2. Akhir tahun nanti bagaimana saya mengisi SPT tahunan? apakah saya masih ahrus melaporkan SPT tahunan?

Terima kasih

Comments ( 2 )

  1. November 19, 2014 at 2:33 am

    Jawaban no.1 Untuk PKP bagi Wajib Pajak dengan omset tahunan kurang dari 4.8 Milyar sifatnya opsional (bisa secara sukarela mengajukan diri untuk dikukuhkan). Namun, ketika omset usaha tahunan Anda (pribadi atau pun badan hukum)telah melebihi 4.8 Milyar maka PKP bersifat wajib (mengajukan diri untuk dikukuhkan maupun dikukuhkan secara jabatan oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui Kantor Pelayanan Pajak tempat saudara terdaftar)

    Jawaban no.2 : apa dan bagaimanapun kondisi Wajib Pajak (setelah terdaftar sebagai wajib pajak yang ditandai dengan penerbitan NPWP) wajib melaporkan SPT Tahunan sesuai dengan profil penghasilannya untuk satu tahun yang telah berjalan (dengan atau tanpa penghasilan sekalipun)

Leave a reply