Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Saya ingin bertanya. Perusahaan ini dimulai pada awal jan 2015 bergerak di bidang properti. Jual beli rumah. Rumah dibeli dan direnovasi dan dijualkan kembali.utk pajak jual beli telah di urus oleh notaris. Mohon bantuanya apakah ada pajak yg harus dibayarkan oleh perusahaan? Untuk selama hampir 1 th berjalan perusahaan hanya membayar pph 21 dan pph 23. Apakah ada seharusnya membayar pph 4 ayat prihal tanah/bangunan,jika terdapat penjualan rumah pada bulan ke 4 apakah akan terhtung denda 2 %tersebut?

Comments ( 2 )

  1. November 29, 2015 at 3:57 am

    sepertinya perusahaan tinggal memungut PPN 10%, PPnBM 20% (karena tergolong barang mewah), dan mengawasi BPHTB 5% yang dibayarkan konsumen

  2. naufalaziz
    December 2, 2015 at 5:35 am

    Kewajiban Developer atas transaksi penjualan properti yang dilakukannya:
    1. PPh pasal 4 ayat 2 sebesar 5% dari nilai transaksi (bersifat final)
    2. Wajib/penanggung BPHTB adalah konsumen namun demikian Anda wajib memastikan bahwa kewajiban tersebut juga telah dipenuhi oleh konsumen.
    3. PPN 10% dan atau PPnBM (jika tergolong barang mewah jika perusahaan Anda telah dikukuhkan sebagi PKP
    4. sebagai pemberi kerja Anda juga wajib melakukan pemotongan PPh 21 atas penggajian kepada karyawan dengan penghasilan yang telah melebihi PTKP, PPh 23 atas penggunaan jasa non konstruksi dalam operasional perusahaan Anda (dengan pemberi kerja badan hukum) serta PPh pasal 4(2) pemotongan terhadap Jasa konstruksi jika perusahaan anda menggunakan sub konktraktor atau jasa konstruksi perusahaan lainnya.

    atas keterlambatan pelaporan dan setoran akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan berlaku.

Leave a reply