Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Siang, saya mau tanya tentang pajak peralihan Tanah dan bangunan. mudah2an tidak melenceng yah. Begini orang tua saya belum lama menjual rumah senilai 1,08M(diatas nilai NJOP) sebagai penjual ayah saya di kenakan pajak sesuai info dari Notaris PPAT yaitu 1.08M x 5% = 54jt. Namun kenapa kemaren ayah saya dapat surat bahwa ia kurang membayar pajak penghasilan dari hasil penjualan rumah tsb. dan dalam surat itu tercantum rumus perhitungannya sbb 1.08M x 1.5 (perkiraan nilai aset tanah & bangunan) x 5% = 81jt. Jadi intinya ayah saya dibilang kurang membayar sebesar 27jt. Kira2 bisa jelaskan kenapa perhitungan tsb tidak sesuai yg notaris PPAT infokan. Terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. May 12, 2016 at 7:56 am

    Sesuai Undang-Undang PPh dapat disimpulkan formulasi penghitungan PPh Final atas pengalihan hak tanah dan/atau bangunan adalah tarif x Nilai transaksi (dengan membandingkan mana yang lebih tinggi antara nilai transaksi tertera dalam akta jual beli vs. nilai NJOP) ==> PPh Final pasal 4 ayat 2 = 5% x Nilai transaksi.

    Dalam kasus bahwa nilai dalam akta jual beli lebih tinggi seperti rekan sampaikan di atas maka perhitungan kewajiban PPh terhutangnya adalah 5% x 1.08M

    Tidak pernah dikenal koefisien 1.5 di atas. Ada baiknya, rekan minta klarifikasi ke KPP (Kantor Pajak) yang menerbitkan surat tersebut, dan minta penjelasan yang tentunya minta juga dasar hukumnya (jika memang surat tersebut benar berasal dari KPP).

Leave a reply