Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

mohon bantuannya. saya sama sekali tidak mengerti tentang pajak. saya menjual aplikasi software ke instansi negeri atas nama pribadi. apakah kena pajak? bagaimana penghitungan pajak nya? bagaimana langkah pembayarannya? saat ini saya sudah mempunyai npwp pribadi. terima kasih

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    February 19, 2014 at 5:02 am

    Dalam kasus pengadaan barang ke instansi pemerintah, atas penyerahan tersebut semestinya dipungut (dikenakan) PPh (Pajak Penghasilan) Pasal 22 sebesar 1,5% dari Nilai Penyerahan Barang. Namun demikian, sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.03/2010 pengenaan PPh 22 ini untuk penyerahan dengan nilai lebih dari 2.000.000, jika nilai penyerahan yang Bapak lakukan tidak melebiha 2.000.000 maka tidak dilakukan pemungutan PPh pasal 22 dan akan diperhitungkan di dalam perhitungan kewajiban pajak pada SPT Tahunan yang akan Bapak Laporkan.

    Kewajiban Pajak lain yang timbul dari transaksi tersebut adalah PPN sebesar 10% dari nilai penyerahan/transaksi (yang ditanggung oleh pembeli, dalam hal pembeli adalah instansi pemerintah maka mereka akan memungut dan menyetorkannya secara langsung), sepanjang Bapak juga sudah dikukuhkan sebai PKP (Pengusaha Kena Pajak). Pada umumnya syarat sudah PKP ini menyertai setiap pengadaan barang/jasa yang dilakukan oleh instansi pemerintah.

    Namun jika sebenarnya Bapak belum dikukuhkan sebagai PKP, maka sebenarnya bapak tidak ada kewajiban (penerbitan faktur Pajak) PPN tersebut.

    Untuk lebih jelasnya, sebenarnya saya sarankan Bapak untuk temui/konsultasi langsung dengan Account Representative (AR)yang membawahi wilayah/domisili Bapak. Agar lebih konkrit penjelasan yang telah saya sampaikan di atas..

    Jika ada yang hendak koreksi/menambahkan silahkan kawan…

Leave a reply