Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Salam
Saya ajat
Saya mau bertanya.
Saya bekerja dibidang jasa perbaikan dan service air conditioner( ac).disalah satu perusahaan. Dimana perusahan tersebut meng gaji saya dibawah 2 jta perbulan. Sehingga tidak dibuatkan npwp oleh perusahaan tersebut.,manun saya buat npwp pengusaha, karna disamping saya kerja diperusahan tersebut,saya juga sering mengerjakan pekerjaan pribadi masih dibidang yang sama.
Yang mau ditanyakan adalah:
1 apakah gaji saya diperusahan masuk ke npwp pengusaha saya.
2, bagai mana cara membayar npwp pengusaha saya, karna setiap pembayan / tagihan tidak disertai service report/ kwitansi.
3 berapa persen saya bayar npwp tahunan saya
Thank

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    May 25, 2015 at 6:29 am

    Sesuai ketentuan perpajakan bahwa satu subjek pajak yang telah terdaftar sebagai Wajib Pajak maka akan diterbitkan 1 NPWP. Oleh sebab itu, jika Saudara sudah memiliki NPWP secara pribadi (yang saudara sebut sebagai NPWP pengusaha), maka Saudara tinggal memberitahukannya (NPWP) tersebut kepada pemberi kerja. Hal ini untuk menghindari pengenaan sanksi berupa pemotongan PPh 21 dengan tarif lebih tinggi 20% ketika penghasilan Saudara dari pemberi kerja melebihi batas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

    Untuk pertanyaan kedua, Perhitungan pajaknya dilakukan dengan terlebih dulu Saudara merekapitulasi peredaran usaha (gabungan penghasilan yang Saudara terima dari gaji dan pendapatan yang diterima dari usaha bebas yang Sauara lakukan) untuk setiap bulan dalan satu tahun (Januari s.d. Desember). Setelah itu Saudara bisa lakukan perhitungan sesuai dengan norma perhitungan menurut bidang usaha yang Saudara jalankan.

    Terkait penjelasan rinci perhitungannya, Sauara dapat datangi KPP tempat Saudara terdaftar, dan temui petugas konsultasi bernama Account Representative yang akan membimbing Saudara dalam perhitungan dan pengisian SPT sebagai media pelaporannya

Leave a reply