Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya kerjasama dengan teman menggunakan bendera PT saya. apabila ada uang masuk ke rekening PT, dan setelah dihitung ada keuntungan dibagi dua. yang mau saya tanyakan adalah keuntungan teman saya apakah masih dipotong pajak, untuk laporan pajak tahunan badan? kalau iya termasuk dalam pph apa?
terimakasih

Comments ( 3 )

  1. July 6, 2015 at 7:31 am

    tetap dipotong Pajak, perhitungannya ada pada perhitungan PPh badan PT Saudara (sebelum keuntungan dibagikan), jenis PPh 25/29. Jika setelah perhitungan kemudian ada pembagian keuntungan (dividen) maka atas pembayaran dividen tersebut, Perusahaan wajib melakukan pemotongan PPh Pasal 4(2) atas dividen sebesar 10% dari dividen yang diterima oleh masing2 pemegang sahan (orang pribadi), atau PPh Pasal 23 atas dividen jika penerimanya badan hukum juga.

    Jika ada yang kurang jelas, silahkan sampaikan kembali pertanyaan Rekan melalui halaman ini.

  2. July 6, 2015 at 9:48 am

    jadi cuma dipotong 10% dari keuntungan ya pak agung?
    saya masihh kurang mengerti antara PPh 25/29 dan PPh Pasal 4(2) nya pak.
    Terimakasih.

  3. July 7, 2015 at 1:43 am

    Untuk pasal 25/29 itu adalah kewajiban pajak atas perusahaan/badan hukumnya bu… jadi inti proses perhitungannya…dari penghasilan netto PT (seluruh pendapatan perusahaan setelah dikurangi dengan biaya-biaya) dikali dengan tarif PPh Badan pasal 17.

    Nah, untuk PPh 4(2) itu sendiri adalah pemotongan PPh atas dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham orang pribadi sebesar 10%.

    Jadi kedua jenis pajak tersebut beda penanggung pajaknya ya…
    Lebih jelasnya terkait perhitungan dan mekanisme serta administrasi pemotongan, penyetoran dan pelaporan, saya sarankan bu Tyas untuk menghubungi Account Representative (petugas konsultasi) perusahaan Ibu di KPP tempat perusahaan ibu terdaftar.

Leave a reply