{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Pajak penghasilan

Pagi.. saya ada pertanyaan mengenai pajak penghasilan…menurut pemikiran saya yang namanya pajak penghasilan itu khan dihitung dari presentase jumlah penghasilan, bukan dari jumlah sumber penghasilan, misalnya saya yang bekerja sebagai staf di suatu grup perusahaan jadi saya menerima penghasilan dari 2 sumber, pajak saya lebih besar sari rekan dengan penghasilan yang sama tetapi berasal dari 1 sumber, saya merasa itu kurang fair ya, dan apa yang mendasari pemikiran bahwa pajak penghasilan dari orang yang menerima penghasilan dari 2 sumber harus lebih besar dengan pajak penghasilan orang yang menerima penghasilan dari 1 sumber? mengapa PTKP kita tidak bisa digunakan 2 kali untuk perhitungan pajak pribadi tetapi pemberi kerja bisa menggunakan PTKP kita lebih dari 1 kali, jadi pajak sepenuhnya dibebankan kepada penerima kerja? ini hanya sekedar sharing saja uneg2 saya mengenai formula perhitungan pajak penghasilan…..

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

tidak dilihat dari banyakannya sumber penghasilan kok rekan…tapi berapa besar penghasilannya…

meski dari satu sumber jika nilai total penghasilan ybs lebih besar dari wajib pajak yang menerima penghasilan dari 10 sumber sekalipun maka PPh dia tentu sebanding dengan besarnya penghasilannya (lebih besar).

Penerapan PTKP didasari pada hitungan besar beban hidup per Wajib Pajak…dan memang PTKP diberikan kepada diri Wajib Pajak dengan besaran tertentu yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan…bukan dari banyaknya sumber penghasilan…

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up