Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pajak Keluaran masih DP / Performa Invoice

Perusahaan kami bergerak dalam bidang Trading Batu Bara, walaupun PK kita bukan objek PPN akan tetapi ada beberapa hal yang ingin saya pertanyakan disini..:
1. jika terjadi uang masuk yang kita catat sebagai DP apakah dalam masa PPN tersebut kita memberlakukan omset senilai DP tersebut?
2. jika ya pada saat pelunasan kita membuatkan invoice atas total realisasi pengiriman, apakah hanya di tampilkan sebagian saja karena sudah dikurangi DP awal?
mohon penjelasannya
Terima kasih

Comment ( 1 )

  1. August 28, 2016 at 1:35 pm

    Selamat malam,
    jika dikaitkan dengan PPN/invoice PPN maka saat terima DP, atas penerimaan tersebut tetap dibuatkan invoice senailai DP tersebut.
    Perihal pengakuannya sebagai omset penjualan tentu mengacu pada kebijakan akuntansi perusahaan saudara. Namun secara pajak, penerimaan DP dianggap sebagai bagian penghasilan perusahaan yang telah dimbul kewajiban pajak dari sisi PPh (penerima Penghasilan) dan PPN (dari sisi pembeli, setidaknya kewajiban penerbitan faktur sekalipun objek transaksinya dibebaskan dari pengenaan PPN).
    ___
    Saat terima pembayaran pelunasan, kembali perusahaan wajib menerbitkan invoice dengan keterangan pelunasan dengan DPP senilai nilai kontrak awal dikurangi dengan DP

Leave a reply