Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pajak jual beli tanah

Sy membeli tanah seharga 50 juta,dengan NJOP 30 juta luas +/- 1300 m,yang saya beli cuman 600 meter dan saya sudah membyar lunas untuk jasa notaris untuk proses turun waris,pecah dan balik nama pada tahun 2015.dan sekarang bulan 8 sudah sampai pada proses pecah dan sekarang tiba2 notaris meminta saya bayar pajak jual beli.padahal menurut peraturan pemerintah,transaksi jual di bawah 60 juta di kecualikan.ada yang ganjil menurutku makanya saya tidak mau membayar pajak yang diminta oleh notaris dan sampai sekarang saya masih bersikeras bahwa pajak jual beli dibawah 60 juta tidak ada?
Apakah saya salah ?
Jika saya harus bayar pajak,berapa kah nominal pajak yang harus saya bayarkan?mohon tanggapan dari anda,teima kasih.

Comment ( 1 )

  1. August 21, 2017 at 12:26 am

    Sebelumnya perlu saya jelaskan bahwa ada 2 jenis pajak dalam transaksi pengalihan hak atas tanah, yaitu : 1)PPh Final yang harus ditanggung penjual dan 2)BPHTB yang ditanggung pembeli

    PPh Final yang harus ditanggung penjual diatur dalam peraturan pemerintah nomor 34 TAHUN 2016 (berlaku mulai 8 agustus 2016) , dalam pasal 6 diatur bahwa dikecualikan dari kewajiban pembayaran atau pemungutan Pajak Penghasilan salah satunya adalah : orang pribadi yang mempunyai penghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak yang menjual tanah/bangunan dengan nilai pengalihannya kurang dari Rp60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah). Jadi ada dua syarat yg harus dipenuhi.

    namun jika anda adalah pembeli, maka yang harus anda bayar adalah BPHTB. BPHTB sejak 2012/2013 diatur oleh masing2 PEMDA, jadi tarif dan ketentuannya berbeda setiap daerah.
    Chat/add me : https://www.facebook.com/widodo.eli.1

Leave a reply