Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

pajak gunggung

apa yang dimaksud dengan pajak digunggungkan dan mohon contohnya, trims

Comment ( 1 )

  1. March 7, 2016 at 1:16 am

    kira-kira demikian penjelasannya rekan:

    istilah digunggung dalam pajak biasanya digunakan terkait pemenuhan kewajiban PPN.

    gunggung /gung·gung/ n jumlah; sejumlah; sebanyak;
    menggunggung /meng·gung·gung/ v menjumlahkan
    Sekarang kita lihat bedanya:

    Faktur Pajak yang Digunggung adalah Faktur Pajak yang tidak diisi dengan identitas pembeli serta nama dan tandatangan penjual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (1) huruf e angka 2) UU KUP yang hanya bisa dibuat oleh PKP Pedagang Eceran. Faktur Pajak ini dilaporkan dalam Formulir 1111 AB (Rekapitulasi Penyerahan dan Perolehan pada butir I huruf B angka 2).

    Faktur Pajak yang tidak digunggung adalah Faktur Pajak yang merupakan pindahan dari baris jumlah pada Formulir 1111 A2 (Daftar Pajak Keluaran atas Penyerahan Dalam Negeri dengan Faktur Pajak).Faktur Pajak yang diisikan dalam Formulir 1111 A2 adalah Faktur Pajak selain yang digunggung yang dilaporkan dalam formulir 1111 AB, yaitu :

    FP yang diterbitkan oleh PKP selain PKP Pedagang Eceran yang wajib mengisi FP dengan lengkap sesuai dengan Pasal 13 ayat (5) UU PPN

    FP yang diterbitkan oleh PKP Pedagang Eceran, namun PKP tersebut juga melakukan penyerahan yang Faktur Pajaknya :

    Diisi lengkap sesuai dengan Pasal 13 ayat (5) Undang-Undang PPN; dan/atau
    Tidak diisi dengan identitas pembeli sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 ayat (5) huruf b UU PPN; dan menggunakan Kode dan Nomor Seri Faktur Pajak yang strukturnya mengikuti ketentuan dalam peraturan mengenai Faktur Pajak.

    Pada prakteknya FP digunggung adalah nota sederhana/struk yg diterima pembeli karena beli secara eceran, makanya disitu tidak ada data identitas pembeli (nama, NPWP, alamat). Bahkan pada penjualan eceran yg hanya mengandalkan catatan sederhana tanpa mencetak struk/nota itu bisa dikategorikan dengan DPP untuk FP digunggung. Sehingga itu pula, penghitungannya dengan menjumlahkan seluruh FP yg digunggung tsb dan mengalikannya dengan 10% agar tahu PPN-nya.

Leave a reply