Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pajak Developer sebagai Perantara

salam,

saya mau bertanya mengenai kasus yang sedang saya alami.
PT. A selaku developer bekerja sama dengan pemilik lahan Mr. X, dengan membeli lahan tapi membayar di akhir proyek untuk membangun perumahan dan membagikan hasil. Sebagai modal untuk membangun, PT. A mengajak investor Mr. Y untuk nanti dibagikan hasil laba proyek. PT A menunjuk PT. B sebagai subkontraktor.

Apabila untung, apakah PT. A harus memotong pajak pembagian laba kepada Mr. X dan Mr. Y? apakah ketika membayar PT. B, PT. A harus memotong pajak juga?
Apakah laba PT. A dikenakan tarif penghasilan badan? ataukah pph final (management fee) mengingat PT. A hanya menjadi ‘middleman’?

note: tanah tidak dibalik ke nama developer tetapi langsung ke end user, pajak penjualan dihitung sbg HPP dan ditalangi oleh developer

sekian,
mohon bantuannya

terima kasih

Comment ( 1 )

  1. May 9, 2016 at 10:00 am

    ketika menjual properti tersebut jelas PT A mewakili investor tanah (Mr.X) dan investor Modal (Mr.Y) membayarkan kewajiban berupa PPh Final atas pengalihan hak tanah dan bangunan sebesar 5% dari nilai transaksi. Yang kemudian secara perdata PT A membagi secara proporsional beban pajak tersebut antara PT A, Mr.X dan Mr.Y (dalam kasus ini asumsi saya dalam legal transaksi PT A disebut sebagai pihak yang menjual mewakili Mr.X)

    Terhadap PT B tentu PT A harus melakukan pemotongan PPh atas jasa konstruksi ya… karena PT A lah yang memanfaatkan jasa PT B sebagai sub kontraktor. Jadi kewajiban memotong, menyetor dan melaporkan kewajiban PPh Final atas jasa konstruksi dengan tarif 2% / 3% atau 4% menyesuaikan grade kualifikasi penyedia jasa konstruksi PT B

Leave a reply