Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Permisi, saya Ahmad, seorang pengelola bimbel. saya ingin melegalkan usaha saya dengan membuat sebuah badan usaha CV. bagaimana prosedur perpajakannya? jika penghasilannya masih dibawah 3jt perbulannya. Terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. March 4, 2015 at 5:53 pm

    untuk CV adalah Subyek Pajak yang berbentuk badan kurang lebih sama seperti PT namun atas kepemilikan modal CV tidak terbagi atas saham.

    Adapun kewajiban perpajakan CV paling tidak berupa:
    1. PPh 21 (pajak atas karyawan baik tetap dan tidak tetap atau pengajar tetap atau tidak tetap termasuk didalamnya staff.
    2. PPh Pasal 4 ayat 2 apabila gedung tempat usaha bimbel tersebut adalah sewa dengan tarif 10% dari nilai sewa.
    3. PPh 25 berupa angsuran pajak setiap bulannya namun karena baru berdiri maka cukup melaporkan nihil dengan media SSP lembar ke 3 yang kode akun pajak dan Kode Jenis setoran 411126 100
    4. Apabila sudah diakhir tahun biasanya berakhir 31 Desember maka semua aktivitas baik penghasilan dan biaya usaha serta aktiva tetap harus dihitung semua yang berbentuk laporan keuangan berupa Laporan Laba Rugi (sebagai alat ukur kinerja usaha anda apakah terjadi laba atau rugi) pada periode setahun tersebut (asumsi dimulai dan terdaftar sebagai wajib pajak) serta laporan Neraca (posisi keuangan) pada akhir periode.
    Selanjutnya atas angka2 yang tertera pada laporan keuangan tersebut akan dipindahkan ke SPT Tahunan 1771 kedalam lampiran2 yang sudah ada.
    Selanjutnya apabila dihitung ada laba maka, kewajiban CV tersebut akan dikenakan jumlah pajak sesuai dengan besarnya keuantungan bersih dikalikan tarif pajak yang ada. Simple nya 12,5% X Laba bersih sebelum pajak.

    Selanjutnya jumlah tersebut dipindahkan ke media yang namanya SSP dengan kode 411126 200 dan dijepret lembar ke 3 beserta SPT tahunan dan lampiran2 yang ada untuk dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak dimana CV tersebut terdaftar.

    Selanjutnya dengan Peraturan Pemerintah No.46 akan dikenakan pajak bersifat final sebesar 1% dari omzet Bruto.

    Demikian penjelasan yang mgkn kurang bisa menjelaskan secara gamblang.
    Kurang lebihnya bisa kontak ke 081-23533439

    Salam

Leave a reply