Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

selamat malam saya mau tanya pak, misalkan saya adalah pemilik perusahaan yang hanya menerima penghasilan dari gaji saya sebagai Direkur perusahaan (PT)mwnengah ke bawah , lalu ada keterangan bahwa semua asset yang saya miliki dimasukan ke Harta perusahaan sebagai Modal. Pertayaanya Bagaimana laporan SPT tahunan saya ?Bagaimana pajak Penghasilan saya ?Di SPT tahunan Badan sudah dimasukan jumlah Harta, Apakah saya masih harus memasukan jumlah harta di SPT tahunan Pribadi saya ? Mohon penjelasan, Terima Kasih

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    September 2, 2016 at 1:12 am

    Selamat Pagi bu,
    terkait kewajiban pajak Perusahaan dengan bentuk badan hukum PT tersebut,
    secara umum PPh ps.25 (masa), PPh 21 terkait penggajian yg dilakukan perusahaan , ketika mempekerjakan karyawan (masa), PPh 23 (masa), PPN jika perusahaan telah berstatus sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak), dan PPh 29 untuk kewajiban PPh yang dilaporkan dalam SPT Tahunan

    Hal yang berbeda sebagaimana saya sebut diatas diberlakukan ketika (misalnya) ternyata omset perusahaan masih tidak lebih dari 4.8Milyar dalam satu tahun, maka pengenaan pajaknya bersifat final dengan tarif 1% dari omset bruto setiap bulannya.

    Terkait harta yang telah diakui/dilaporkan sebagai aset perusahaan dalam SPT Perusahaan maka tidak bisa diakui kembali (double pengakuan) di SPT orang pribadi pemegang sahamnya.

    Terkait panduan detail, teknis, mengenai perhitungan dan langkah2 pelaporan kewajiban2 Pajak tersebut dapat rekan konsultasikan lebih rinci kepada Account Representative di KPP tempat perusahaan tersebut terdaftar.

    Demikian, semoga membantu

Leave a reply