Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Met pagi. Saya ada usaha bergerak di jasa ekspedisi,dengan memakai PT fiktif (tanpa ada dokumen dan npwp) sejak 2014 hingga sekarang. Alamat kantor hanya rumahan. Jasa ekspedisi disini sifatnya “makelar”. contoh, ada costumer ingin kirim barang ke kota A lewat jasa saya. Kemudian barang saya kirim lewat ekspedisi lain yg resmi. Barang hitungan per kg dan kubik.Untuk nilai invoice sy up 4% atas permintaan costumer. Mengingat pajak sedang ketat, dan saya pun ingin ikuti peraturan hukum pajak, maka saya ingin buat badan usaha jenis UD dengan memakai NPWP pribadi saya. Npwp sy buat sejak 2012, namun blm pernah lapor pajak. Kebetulan tagihan costumer memakai rekening istri yg notabene blm punya NPWP. Yang jadi pertanyaan adalah :

1. Apakah bisa saya buat badan
usaha UD untuk jenis jasa ekspedisi saya ini ?
2. Untuk pelaporan pajak bgm nantinya? Apakah saya isi SPT 1770?
3. Apakah costumer akan potong Pph
23 sebesar 4% juga ?
4. Saya blm pernah lapor pajak sejak punya NPWP, apakah konsekuensinya ?

Terimakasih sebelumnya
Mhn maaf agak panjang. Salam..

Comment ( 1 )

  1. April 3, 2017 at 5:43 am

    Jawaban:
    1. bisa,

    2. karena menggunakan badan hukum dalam menggunakan transaksi bisnis tersebut, silahkan gunakan SPT 1771 (SPT PPh Tahunan Badan)

    3. tentu iya, dipotong PPh pasal 23 dengan tarif 2%

    4. silahkan laporkan kewajiban pajak (SPT) Anda terdahulu yang belum Anda laporkan sekalipun terlambat. Dan atas keterlambatan pelaporan tersebut akan dikenakan sanksi keterlambatan yang akan ditagihkan menggunakan Surat Tagihan Pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar

Leave a reply