Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Pajak Badan Usaha Non PKP

Saya baru saja mendirikan sebuah badan perusahaan (PT),
Namun ketika membuat permohonan pengukuhan PKP ada kendala sehingga permohonan saya di tolak.
Setelah saya tanya om google dari beberapa artikel dan keputusan menteri keuangan menjelas kan “Bahwa pengusaha yang omset nya di bawah 4,8 milyar adalah tidak wajib PKP atau di kukuh kan sebagai PKP”
Atas keputusan menteri tersebut berlaku untuk pengusaha non PKP adalah tidak boleh memungut atau di perkenan kan memungut PPN (Pajak pertambahan nilai)

Sedikit lega dan senang membaca keputusan menteri tersebut yang dalam pemikiran saya bisa menambah daya saing harga di karena kan tanpa PPN,
yang ingin saya tanya kan adalah :

1.Apa yang harus saya lakukan jika pembeli atau pengguna jasa dari perusahaan saya meminta faktur pajak untuk PPN,adakah surat resmi yang membenar kan perusahaan saya tidak berhak memungut pajak sehingga bisa menjadi refrensi yang jelas bagi klien perusahaan saya pada saat membuat laporan PKP mereka.
2.laporan atau pajak apa saja yang wajib di lapor kan pengusaha non PKP baik tiap bulan atau tiap tahun nya

Mohon pencerahan nya yang detail ya ,karna saya merasa urusan pajak ini adalah hal yang wajib saya lakukan mengingat pajak yang di bayar untuk kepentingan bangsa dan negara kita

Comments ( 2 )

  1. January 19, 2017 at 9:54 am

    1. Ibu bilang aja kalau perusahaan belum PKP jd tidak dapat menerbitkan Faktur pajak karena tidak dapat sertifikat elektronik dan efaktur dari kantor pajak.
    2. Setiap bulan harus lapor SPT Masa PPh 21 (Rutin perbulan), SPT Masa PPh 23 dan SPT Masa Lainnya (hanya jk ada transaksi) dan setiap tahun lapor SPT Tahunan Badan dan memberikan Bukti potong PPh kepada karyawan.

    • March 23, 2017 at 4:01 am

      Maaf Pak, Mohon pencerahan nya. Apa saja contoh PPh 23 yang kira2 mungkin ada di bentuk usaha restoran?

Leave a reply