Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Mohon saran, kasusnya: orang tua saya yang sudah pensiun sekitar 10 tahun dan tidak memiliki npwp, memiliki kios di sebuah mal di Jakarta dan saat ini karena sertifikat sudah jadi, mereka harus membayar pajak agar sertifikat bisa diserahterimakan, apa yang harus dilakukan? Selama ini mereka mendapat penghasilan sewa atas kios tersebut.

Comment ( 1 )

  1. September 22, 2014 at 7:15 am

    Kepemilikan NPWP/keterdaftaran sebagai Wajib Pajak dalam tata hukum perpajakan di Indonesia tidak disandarkan bahwa seseorang tersebut masih aktif bekerja atau telah pensiun, namun didasarkan pada prasarat subjektif (Warga negara Indonesia/bukan) dan prasarat Objektif (apakah ia memiliki sumber penghasilan/tambahan kemampuan ekonomis yang mememuhi syarat untuk dipajaki menurut ketentuan hukum pajak di Indonesia).

    Siapaun ia jika syarat subjektif dan objektif tersebut terpenuhi wajib mendaftarkan diri/dikukuhkan secara jabatan oleh negara melalui aparatur fiskusnya untuk memenuhi kewajiban perpajakan yang bersangkutan.

    Dalam hal ternyata orang tua Saudara melakukan transaksi atau selama ini menerima tambahan kemampuan ekonomis berupa penghasilan atas sewa tersebut, maka benar jika negara melalui Direktorat Jenderal Pajak dalam hal ini KPP menghimbau orang tua saurdara untuk mendaftarkan diri (ber-NPWP) dan melaporkan serta menyetorkan kewajiban pajaknya.

Leave a reply