Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya PNS punya NPWP perorangan, kebetulan mengurus perkumpulan ilmiah ber-AKTA Notaris, yang dapat menghasilkan uang dari jasa konsultasi, publikasi dll. Pertanyaan:Bolehkah saya mencari NPWP baru untuk perkumpulan saya dalam status saya sbg PNS? Syaratnya apa saja ? terimakasih

Comments ( 4 )

  1. November 20, 2014 at 5:26 am

    Jawabannya justru bukan sekedar boleh, namun untuk badan hukum yang didirikan berdasarkan Akta Pendirian Notaris wajib mendaftarkan diri sebagai wajib pajak,ditandai dengan penerbitan NPWP ke KPP tempat wilayah kerja domisili Badan Hukum tersebut berada. Syaratnya:
    1. Isi blanko permohonan pendaftaran Wajib Pajak (bisa didapatkan di KPP terdekat)
    2. Lampirkan fotokopi Akta Pendirian Badan Hukum tersebut
    3. Lampirkan juga fotokopi KTP serta NPWP salah satu pengurusnya (dalam hal ini Anda bisa mewakilinya).

    Kira2 demikian rekan Heru…semoga membantu

    • November 21, 2014 at 1:10 am

      terimakasih
      oh ya maksud saya… bisakah NPWP perorangan saya sbg PNS digubnakan… masalahnya dulu pernah saya dkk. pernah mau mndirikan CV, lalu notaris bilang gak boleh npwp pns digunakan… (akhirnya kami gak jadi mendirikan cv)
      kalo untuk perkumpulan boleh ya… pakai npwp pns????

    • November 21, 2014 at 2:33 am

      ketika perkumpulan tersebut berbadan hukum sendiri (Akta Pendirian melalui notaris) maka ia juga harus ber-NPWP sendiri. Tidak bisa NPWP perorangan (saudara) mewakili transaksi/pemenuhan kewajiban pajak atas badan hukum tersebut. NPWP Saudara (PNS maupun non PNS) hanya diperkenankan sebagai NPWP yang teregister sebagai salah satu pengurus perkumpulan (misal dalam penandatanganan SPT Tahunan Perkumpulan yang juga memerlukan NPWP pengurus penandatangan) saja.

    • November 21, 2014 at 4:06 am

      terimakasih

Leave a reply