Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Apa bedanya NPWP status Non Efektif dan Non Aktif?
Help, saya kan bertugas laporin SPT tahunan semua karyawan di tempat kerjaan.
Ternyata ada masalah 2 orang.
yg satu berstatus NE (alhamdulillah problem solved)
nah yg 1 lagi status Non Aktif yg katanya org pajak sudah dihapus dr database DJP.
jadi coba buat NPWP baru dan ternyata ditolak juga dgn pemberitahuan NPWP sudah terdaftar.
Saya jadi bingung, bingun sebingung2nyaaaa belum ditambah masalah update E-Faktur yg sama errornya dan belum kelar juga.
toloooong, adakah yg tahu solusinya.

Comments ( 3 )

  1. March 11, 2016 at 4:51 am

    yang statusnya telah hapus (sebagaimana disebut Non Aktif oleh petugas tersebut) sebenarnya berstatus NE juga….dalam kondisi demikian bisa dimohonkan untuk diaktifkan kembali.

    Beda halnya jika petugas menyebut statusnya DE (Delete), dalam kondisi ini artinya NPWP telah dihapus dari database DJP, solusinya, daftarkan NPWP baru…dan pergunakan NPWP baru untuk administrasi kewajiban pajaknya…

    Dalam Nomenklatur pajak hanya dikenal NE (Non Efektif) dan Penghapusan NPWP (DE) tidak ada status Non Aktif ya bu…

    Jadi pertegas kembali ke Petugasnya, statusnya NE atau DE Pak/Bu? dan apa solusinya….mereka berkewajiban memberikan solusi yang benar…
    jika masih sekata-kata silahkan laporkan ke Kring Pajak 021-1500200

  2. September 21, 2016 at 7:02 am

    Untuk mengatifkan NPWP yang nonaktif tersebut apakah harus ke kantor pajak dimana NPWP tersebut dibuat atau cukup kantor pajak di kota dimana sekarang kita tinggal?? Saya mengajukan permohonan NPWP tapi terus di tolak dengan alasan sudah berNPWP. Saya baru ingat di tempat saya kerja dulu setiap bulannya setelah terima gaji ada potongan PPh21. dari situ saya berkesimpulan mungkin oleh perusahaan di tmpat saya dlu bekerja dibuatkan NPWP atas nama saya dan aktif selama saya bekerja disitu. Namun masalahnya sekarang saya membutuhkan NPWP tersebut sementara dari pihak perusahaan tidak memberikan kartu NPWPnya. Dari situ kembali lagi ke pertanyaan di awal tdi. Mohon infonya,thks!

  3. September 23, 2016 at 1:15 am

    @Pak Arifin.S
    Tapi bapak tahu tidak No. NPWP yg dibuatkan perusahaan terdahulu bapak?
    Kalau menurut saya mending Bapak coba datang ke KPP terdekat sambil menyebutkan NO. NPWP tersebut dan kemudian minta diaktifkan kembali sambil sekalian minta cetak ulang NPWP tersebut.

Leave a reply