{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


NPWP Mati dan memiliki usaha toko minimarket

Saya mau tanya, jaman dulu waktu memulai usaha minimarket saya sempat mempunyai npwp, dulu usaha saya kecil hanya warung kelontong.
Kemudian saya sempat mengalami halangan dalam usaha(bangkrut) sehingga saya pindah rumah dan pindah tempat usaha, sejak saat itu saya tidak pernah membayar pajak lagi sampai sekarang walaupun usaha saya akhirnya bangkit kembali dan masih jalan serta sedikit mengalami kemajuan dan memiliki bbrp aset spt 2 mobil 2 motor dan 2 rumah (rumah 1 dan mobil 1 lagi masi dalam status kredit).
yang mau saya tanyakan apabila saya mengajukan tax amnesty kira” seberapa besar pajak yang harus saya bayarkan? apakah aset yang masi dalam status kredit juga dikenakan pajak? apakah ada denda terhadap npwp yang selama ini tidak diurus hingga mati? bgmn menghitung pajak pemasukan terhadap minimarket? (Omset tidak menentu)
Terima kasih

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Author Note:
Sama ada tambahan yaitu, rumah yang sudah tidak berstatus kredit masih belum dibalik nama dengan alasan biaya yg sangat mahal (Puluhan Juta), apakah amnesty ini berlaku juga untuk kasus ini?

1 Answer

Prinsip pokok untuk ikut TA, adalah adanya unsur harta yang belum diungkap dalam SPT Tahunan. Kenapa harta, karena ia adalah representasi atas penghasilan kita terdahulu. Ketika rekan mengikuti TA, maka manfaat yang didapatkan yaitu rekan tidak perlu repot melengkapi kewajiban SPT sebelum tahun 2015, termasuk sanksi denda yang timbul karenanya (dihapuskan). Sementara untuk kewajiban tahun pajak 2015 tetap wajib dilaporkan sebagai sarat ikut TA.
___
cara hitung kewajiban pajak atas omset 2015 untuk pelaku usaha UMKM (dengan omset kurang dari 4.8M dalam satu tahun) adalah sebesar 1% dari omset bruto, hal ini tertuang dalam aturan Peraturan Pemerintah No.46 tahun 2013.
___
Adapun besaran uang tebusan terbagi menjadi periode permohonan TA, 2% (s.d. akhir Sept’16), 3% (Oktober s.d. Des’16) dan 5% (Jan’17 s.d. Maret’16)
___
Untuk mekanisme pengajuan TA (setoran uang tebusan,pengisian Surat Pernyataan Harta) termasuk bagaimana melengkapi SPT Tahunan 2015 tersebut, rekan silahkan kunjungi KPP tempat rekan terdaftar untuk mendapatkan penjelasan lebih detail

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up

Search

Ads

tepung pizza instan dan sehat

Jawaban Terbaru

Sponsors