Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Saya mau tanya, jaman dulu waktu memulai usaha minimarket saya sempat mempunyai npwp, dulu usaha saya kecil hanya warung kelontong.
Kemudian saya sempat mengalami halangan dalam usaha(bangkrut) sehingga saya pindah rumah dan pindah tempat usaha, sejak saat itu saya tidak pernah membayar pajak lagi sampai sekarang walaupun usaha saya akhirnya bangkit kembali dan masih jalan serta sedikit mengalami kemajuan dan memiliki bbrp aset spt 2 mobil 2 motor dan 2 rumah (rumah 1 dan mobil 1 lagi masi dalam status kredit).
yang mau saya tanyakan apabila saya mengajukan tax amnesty kira” seberapa besar pajak yang harus saya bayarkan? apakah aset yang masi dalam status kredit juga dikenakan pajak? apakah ada denda terhadap npwp yang selama ini tidak diurus hingga mati? bgmn menghitung pajak pemasukan terhadap minimarket? (Omset tidak menentu)
Terima kasih

Comment ( 1 )

  1. August 28, 2016 at 12:05 am

    Prinsip pokok untuk ikut TA, adalah adanya unsur harta yang belum diungkap dalam SPT Tahunan. Kenapa harta, karena ia adalah representasi atas penghasilan kita terdahulu. Ketika rekan mengikuti TA, maka manfaat yang didapatkan yaitu rekan tidak perlu repot melengkapi kewajiban SPT sebelum tahun 2015, termasuk sanksi denda yang timbul karenanya (dihapuskan). Sementara untuk kewajiban tahun pajak 2015 tetap wajib dilaporkan sebagai sarat ikut TA.
    ___
    cara hitung kewajiban pajak atas omset 2015 untuk pelaku usaha UMKM (dengan omset kurang dari 4.8M dalam satu tahun) adalah sebesar 1% dari omset bruto, hal ini tertuang dalam aturan Peraturan Pemerintah No.46 tahun 2013.
    ___
    Adapun besaran uang tebusan terbagi menjadi periode permohonan TA, 2% (s.d. akhir Sept’16), 3% (Oktober s.d. Des’16) dan 5% (Jan’17 s.d. Maret’16)
    ___
    Untuk mekanisme pengajuan TA (setoran uang tebusan,pengisian Surat Pernyataan Harta) termasuk bagaimana melengkapi SPT Tahunan 2015 tersebut, rekan silahkan kunjungi KPP tempat rekan terdaftar untuk mendapatkan penjelasan lebih detail

Leave a reply