{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


NPWP BARU

Mohon bimbingannya…
saya pedagang eceran aksesoris komputer yang berawal pada tahun 2014…tetapi baru membuat NPWP pada 30 agustus 2016 termasuk KLU 47411 dan belum memiliki SIUP. yang ingin saya tanyakan:

1. kapankah saya mulai membayar pajak NPWP?
2. Bagaimana menghitung jumlah pajak yang harus dibayar (nilai wajar)?
3. pajak yang harus dibayar per bulan atau per tahun?
4. jika mengikuti TA termasuk tarif UMKM atau UMUM?
5. jika termasuk tarif UMKM, bagaimana cara menghitung tebusan yang harus dibayar.

terima kasih sebelumnya

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


1 Answer

Selamat Pagi Pak Robin,
sesuai ketentuan pajak, kewajiban pajak timbul ketika syarat subjektif dan objektif terpenuhi.

sayarat objektifnya ketika wajib pajak berpenghasilan telah melampaui batas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak), saat ini batas PTKP ditetapkan sebesar 54juta/tahun untuk diri sendiri wajib pajak.

Jadi sekalipun baru ber-NPWP di tahun 2016, namun ketika tahun-tahun sebelumnya penghasilan Anda telah melebihi batas PTKP (PTKP tahun 2016=54jt/tahun; tahun 2015=36jt/tahun dsb) maka Anda tetap wajib memenuhi kewajiban dimulai dari sebelum tahun 2016, setidaknya 5 tahun kebelakang.

Untuk perhitungan PPh UMKM dengan omset tidak lebih dari 4.8 Milyar/tahun, pengenaan pajaknya bersifat final dengan tarif sebesar 1% dari omset bruto per bulan.

Terkait mekanisme penyetoran dan pelaporannya, rekan dapat konsultasikan lebih lanjut dengan Account Representative (petugas konsultasi) di KPP tempat Anda terdaftar, mereka akan memandu Anda secara lebih teknis.

Dalam hal Anda memutuskan ikut serta dalam program Tax Amnesty (TA), maka Anda tidak perlu repot harus melaporkan SPT Tahunan 2015 dan sebelumnya, Anda cukup mengajukan permohonan Tax Amnesty dengan membayar sejumlah uang tebusan.

Uang tebusan dihitung dengan formulasi UMKM (omset kurang dari 4.8M/tahun) sbb:
0.5% x Nilai Harta Bersih (Nilai Harta yang baru diungkap – Nilai hutang yang masih outstanding yang berhubungan dengan perolehan harta tersebut)

Informasi lebih detail perihal hal tersebut, seperti formulir apa yang digunakan, dan bagaimana mekanisme penyetoranya dapat Anda dapatkan di KPP tempat Anda terdaftar.

Sekian, semoga membantu

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up

Search

Ads

tepung pizza instan dan sehat

Jawaban Terbaru

Sponsors


Aplikator Atap Baja Ringan