Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Mohon Petunjuk,saya mengalami kondisi dimana saya sudah menjadi PKP pada tanggal 06 Juni 2016 sedangkan transaksi saya baru di lakukan penerbitan FP pada bulan september. Dan pada saat ini saya mendapat surat pemberitahuan dari kantor pajak bahwa PPN saya terdapat kurang bayar dari transaksi Juni sampai Agustus.Mohon petunjuk solusi nya apakah untuk case ini PPN kurang bayar tersebut dapat di putihkan karena selama bulan Juni sampai Agustus saya tidak ada menerbitkan FP karena belum mengerti masalah perpajakan.

Comment ( 1 )

  1. September 14, 2017 at 5:47 am

    Prinsipnya sejak Anda dikukuhkan (6 Juni 2016), maka sejak saat itu atas setiap transaksi yang Anda lakukan wajib diterbitkan Faktur Pajak. Jika dalam kurun waktu Juni-Agustus anda melakukan transaksi namun tidak menerbitkan faktur pajak, maka benar apa yang telah dilakukan oleh Kantor Pajak untuk menagihkan PPN kurang bayar atas transaksi tersebut, sekalipun Anda tidak menerbitkan faktur pajak.
    ___
    Atas kewajiban pajak tersebut (pokok pajak) tetap wajib Anda penuhi (bayar), hanya saja mungkin Anda bisa mengajukan diri untuk memenuhi kewajiban tersebut dengan cara mengangsur, namun tidak untuk penghapusan (pemutihan) kewajiban tersebut.
    Keringanan lain yang mungkin ada dapatkan adalah permohonan untuk pengurangan/penghapusan sanksi atas sanksi yang mungkin timbul karena keterlambatan penyetoran kewajiban pajak tersebut.
    ___
    Saran saya, ada baiknya Anda berkunjung ke KPP dan temui petugas konsultasi (Account Representative) untuk mengklarifikasi permasalahan Anda ini.
    ___
    Demikian penjelasan saya, semoga membantu.

Leave a reply