Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

Comments ( 2 )

  1. naufalaziz
    September 30, 2016 at 9:42 am

    dari aspek perpajakan pajak pusat,
    maka atas persewaan tersebut timbul kewajiban pajak PPh Final persewaan dengan tarif 10%, yang dikenakan terhadap penghasilan sewa yang diterima pemilik properti.
    Jika Anda mewakili kepentingan wajib pajak badan hukum, maka Anda wajib melakukan pemotongan dan menyetor serta melaporkan pemotongan PPh Final persewaan tersebut.

    Namun jika Anda mewakili kepentingan orang pribadi maka pihak pengelola mall yang akan menyetorkan dan melaporkan sendiri atas kewajiban tersebut.

    Sebaliknya dari sisi penyewa, ketika pengelola mall berstatus PKP (Pengusaha Kena Pajak) yang wajib pungut PPN, maka penyewa akan dikenakan/bebani PPN atas persewaan tersebut, dengan tarif 10% dari nilai persewaan.

    Demikian rekan.

  2. October 4, 2016 at 1:31 am

    Terima kasih pak Naufal Aziz atas sharingnya, Kalau pengenaan PPh Final sewa dan PPN atas Sewa memang kita kenakan tiap transaksi, Tetapi pak adakah pengenaan PPN Atas BBN Sewa Kios Pengalihan nama dari kios individu ke perusahaan? karena menurut penyewa atas pengalihan sewa itu dikenakan PPN atau pajak lagi bukan hanya atas sewanya saja. Mohon pencerahannya pak.

Leave a reply