Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Mahasiswa tidak berpenghasilan tetap, apakah bisa buat NPWP? Jika ya, apakah ada dampaknya terhadap Pajak Penghasilan orang tuanya?

Halo. saya ingin bertanya mengenai syarat pembuatan dan konsekuensi memiliki NPWP. Pertama, apakah saya yang masih berstatus mahasiswa dan tidak berpenghasilan tetap bisa membuat NPWP? Saya butuh NPWP ini karena saya ingin mendaftar di pasar modal.Kedua, apakah konsekuensi saya memiliki NPWP? Apakah saya wajib membayar pajak setiap tahunnya setelah memiliki NPWP? Lalu, apa konsekuensinya terhadap orang tua saya yang memang punya NPWP? Apakah pajak penghasilan mereka akan terimbas NPWP saya? Mohon bantuannya, terimakasih.

Comment ( 1 )

  1. June 20, 2017 at 3:34 am

    secara aturan tidak ada yg melarang mahasiswa membuat NPWP, namun dalam isian fromulir pendaftaran anda akan diminta mengisi sumber penghasilan anda apakah sebagai pegawai swasta, usaha, pns, lainnya. Syarat pendaftaran NPWP adalah fotokopi KTP bagi yg tidak melakukan usaha, bagi yg memiliki usaha ditambah lagi dengan fotokopi dokumen izin usaha dr intansi berwenang atau surat keterangan usaha /pekerjaan bebas dari pejabat pemda minimal lurah/kepala desa.
    konsekuensi : harus memenuhi kewajiban pembayaran & pelaporan, bila anda dimasukkan ke kategori usaha maka ada kewajiban pembayaran setiap bulan sesuai omset.
    NPWP anda tidak akan berpengaruh apa2 ke orang tua anda.
    Chat/add me : https://www.facebook.com/widodo.eli.1

Leave a reply