Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

[/B][/B]Guru master pajak mau tanya seputar pajak nih, mohon bimbingannya

Saya punya sebuah usaha dimana omzet saya besar mungkin dalam setahun bisa 10M secara kasar tetapi keuntungan yang saya dapatkan tidak lah besar karena dalam sistem bisnis saya terkadang jual barang dengan harga modal pun kami sikat karena memang menjual barang ini tidak bisa untung besar, kami berjualan aki mobil dan sebagainya, satu barang mis harga : Rp 500.000 keuntungan saya disekitaran (Rp.10.000 ~ Rp. 15.000) bahkan untung saya bisa 0, dan saya jual tidak cash saya menjual dengan memberikan hutang kepada orang dan paling cepat adalah 2 bulan itupun belum giro mundurnya dan segala macam dengan keuntungan kecil tapi uang saya mutar lama belum saya harus biaya operasional sehari2 dan bayar gaji dsb. Saya membeli dari pihak pemegang merek harus bayar cepat 2 MINGGU dari pengiriman, sungguh tidak adil bukan??? tapi memang begitu dari dulu sistem bisnis ini, saya tidak mempunyai keuntungan yang besar bahkan saya mesti menanggung resiko yang besar dari pembeli yang bayar lama atau kabur.
Masalah muncul adalah usaha saya belum PT, tapi omzet jualan saya sangat besar..saya waktu itu sudah konsultasikan dengan pihak konsultan pajak dan kantor pajak..mereka menyuruh saya mendirikan PT saja biar tidak jadi masalah…namun yang jadi masalah adalah
1. saya sering mendengar kita harus bayar 1% dari omzet kotor??? misalkan kotor 10M maka saya harus bayar 100 juta setiap tahun?!!saya tidak akan kuat membayarnya karena saya belum bayar karyawan, pengeluaran operasional sehari2 ( mencapai +/- 1 jutaan), dan bayar bunga bank karena saya ngasih hutang ke orang dan belum lagi pengeluaran pribadi seperti bayar anak sekolah, kebutuhan pokok, biaya sehari2 dsb.
2. saya membeli barang dari pemegang merk dikenakan PPN dan dikirim faktur tentang kena ppnnya gitu apa saya lupa :capedes tapi saya menjual tidak menerbitkan faktur pajak dan PPN ( karena pembeli saya langsung ga mau klo kena PPN, mereka lebih milih beli ke penjual lain apalagi kalau toko2 kios2 kecil paling ga mau kena PPN mereka ) saya bingung mesti gimana ???

saya jadi takut untuk mendirikan PT tapi dilain hal saya mesti membuka sebuah usaha dagang yg ada jaminan hukumnya karena transaksi saya besar dan agar lebih bonafit tapi saya takut tidak mampu bayar hitung2an pajak perusahaannya, bukan karena saya tidak mau bayar tentu sebagai warga negara yang baik saya ingin mengikuti prosedur hukum yang berlaku namun jujur soal pajak saya sangat bingung saya sudah tanya sampai 5 konsultan pajak semuanya jawaban berbeda2 ada yang bilang untung kecil jangan PT tapi ada yang bilang omzet besar mesti PT..saya tanya ke orang pajak di kantor pajak jg beda2, ini membuat kita jadi takut untuk bertindak karena kalau sudah mendirikan PT ibaratnya kita sudah memencet tombol gas dan tidak bisa di rem lagi.
Terima kasih atas segala masukan dan sarannya sangat berharga master terima kasih.

Leave a reply