Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Sebelumnya saya dagang dipasar, sekarang tidak. Saat itu saya setiap bulan lapor SPP bulanan, SPT tahunan, dengan metode NORMA, lapoannya nihil. Sekarang saya hanya dagang dirumah tidak menentu. Petanyaannya, SAYA INGIN SELANJUTNYA LAPORAN SETAHUN SEKALI SAJA, KARENA PENGHASILAN SAYA TIDAK MENENTU, BAGAIMANA CARANYA, DAN MEMAKAI FORM APA. Terima kasih atas bantuannya.

Comment ( 1 )

  1. January 7, 2014 at 12:55 am

    Selamat Pagi Pak Boy 🙂

    Ketika Bapak Punya usaha (berdagang) di Pasar maupun saat ini di rumah, pada prinsipnya pelaksanaan kewajibannya sama Pak. Namun demikian, setelah berlakuknya Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013, mengatur pengenaan Pajak Penghasilan (PPh) untuk orang pribadi maupun badan hukum yang menyelenggarakan usaha dengan Omset/peredaran usaha satu tahun tidak lebih dari 4,8 Milyar dikenakan PPh yang bersifat final dari Omset usaha tiap bulannya.

    Jadi, jika di tahun 2013 Omset Pak boy tidak lebih dari 4,8 Milyar, maka mulai Januari 2014 setoran PPh Pak Boy disesuaikan dengan omset bulanan, yaitu final 1% dari Omset, yang disetorkan paling lambat tanggal 15 masa pajak berikutnya.

    Setoran ini sebagai pengganti setoran PPh 25 yang Bapak lakukan sebelumnya.

    Menyinggung penghasilan yang tidak menentu yang telah Bapak sebutkan, tentunya besaran PPh PP 46 ini disesuaikan dengan omset bulanan, sebesar 1% x Omset. Ketika ada bulan-bulan tertentu Bapak tidak ada penjualan sama sekali maka atas bulan tersebut maka tidak ada kewajiban setoran PPh menurut PP 46 ini, dan tidak perlu digantikan dengan melaporkan SSP dengan isi Nihil seperti yang Bapak lakukan tahun sebelumnya.

    Nah, karena pengenaan PPh menurut PP 46 ini bersifat final, maka di akhir tahun Pak Boy tinggal melaporkan tanpa melakukan perhitungan Pajak terhutang lagi menggunakan norma yang biasa Pak boy lakukan.

    Untuk lebih jelasnya mungkin Pak Boy bisa hubungi AR (Account Representative) di Kantor pajak tempat Pak Boy terdaftar.

    Semoga jawaban saya membantu, jika ada pertanyaaan lebih lanjut silahkan Pak Boy..

Leave a reply