Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Lapor SPT Tahunan tahun depan seorang auditor

Dear tanyajawabpajak.
Saya pernah bekerja menjadi auditor, dimana penghasilan saya tidak menetap karena adanya tambahan lembur, tunjangan pajak, dan sebagainya.
Yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana nanti cara saya melaporkan SPT tahunan secara online? Sebab setahu saya SPT tahunan itu gaji saya akan disetahunkan sedangkan penghasilan saya tidak tetap. Maaf saya masih awam mengenai perpajakan.
Terima kasih

Comment ( 1 )

  1. August 15, 2016 at 4:24 am

    Sampai dengan tahun pajak 2015 yang dilaporkan di awal tahun 2016 lalu pelaporan pajak untuk pelaku pekerjaan bebas/profesi seperti auditor (yang anda jalankan) belum terakomodir dalam pelaporan secara online/efiling.
    —-
    Pelaporan untuk pekerjaan bebas/profesi menggunakan formulir 1770 (tanpa S maupun SS). Dalam pelaporan SPT tahunan Anda diminta membuat rincian peredaran/penerimaan bruto dalam setahun (januari s.d. Desember). Nah, nilai total atas peredaran bruto (setahun) tersebutlah yang menjadi dasar perhitungan pajak setahun. Dalam hal ternyata penghasilan masih di bawah batas PTKP tentu tidak ada kewajiban pajak terhutang, dan sebaliknya.
    —-
    Isi peredaran bruto tersebut tentu disesuaikan dg peredaran bruto riil ya..bukan semacam perhitungan yang disetahunkan sebagaimana rekan sebut.
    Perhitungan dengan menyetahunkan tersebut khusus berlaku bagi karyawan dengan penghasilan tetap setiap bulan dan digunakan untuk mempermudah kewajiban pemotongan PPh 21 bagi perusahaan.
    —-
    Jika Anda perlu panduan lebih detail terkait perhitungan kewajiban pajak Anda, Anda dapat datang ke KPP dengan menenui petugas Account Representative yang akan memandu Anda menghitung serta bagaimana seharusnya melaporkan kewajiban pajak Anda tersebut
    —-
    Demikian, semoga membantu

Leave a reply