Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Kalau perusahaan baru 6 bulan pkp mau lapor ppn nihil atau pajak masukan bagaimana lapor espt ppn 1 juli 2015 nanti.karena ada e faktur

Comments ( 6 )

  1. June 2, 2015 at 8:19 pm

    bisa kirim ke email dan lebih jelas ilustrasinya?

  2. naufalaziz
    June 3, 2015 at 1:27 am

    Nah, pertanyaan kemudian sekalipun baru 6 bulan PKP tetapi apakah sudah ada transaksi?
    Jika memang belum ada transaksi sama sekali, termasuk belum ada pembelian yang disertai dengan FP maka bisa saja Anda lapor Nihil.
    Namun jika penjualan nihil namun terdapat pembelian yang disertai FP maka sebenarnya Anda memilik hak untuk mengkreditkan FP masukan tersebut dan semestinya perhitungan SPT PPN Anda menjadi LB.

    Atau jika Anda sebenarnya telah melakukan transaksi, maka telah wajib bagi Anda menerbitkan FP (serta memungut PPN-nya), dan jika selisih total Pajak keluaran – Pajak Masukan Aadalah surplus, maka jumlah surplus itulah yang wajib anda setorkan dan laporkan dalam SPT masa Anda.

    Nah, terkait e-faktur sendiri, program ini nantinya menjadi pengganti program e-SPT PPN versi 1111 yang saat ini digunakan oleh wajib pajak. selain fungsi tambahan untuk proses penerbitan faktur pajak dan proses validasinya.

    Jadi, tetap ya per 1 Juli nanti Anda tetap wajib menggunakan e-faktur ya.. (kecuali, jenis usaha Anda dikecualikan dalam ketentuan penggunaan e-faktur). e-faktur juga mengakomodir kok pelaporan SPT PPN WP dengan kondisi nihil maupun LB.

    Demikian, semoga membantuu

    • June 3, 2015 at 6:32 am

      Baik terima kasih atas penjelasannya.sudah cukup jelas

    • June 3, 2015 at 6:59 am

      Oh iya kalo mulai tgl 1 juli 2015 berlaku.berarti lapor espt yang ada diaplikasi efaktur dibulan agustus ya lapornya untuk masa pajak juli atau lapor dibulan juli untuk masa pajak bulan juni berarti.trims

    • naufalaziz
      June 3, 2015 at 7:36 am

      Iya bu, benar, mulai digunakan untuk penerbitan faktur atas transaksi di bulan Juli 2015 dan digunakan untuk melaporkan SPT PPN Juli yang akan dilaporkan paling lambat di akhir bulan Agustutus 2015

    • June 3, 2015 at 7:48 am

      Baik trima kasih banyak pak infonya saya jadi paham skrg

Leave a reply