Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

Comments ( 4 )

  1. December 18, 2016 at 1:00 pm

    Dear Bapak / Ibu Kantor Pajak

    Saya ada pertanyaan|

    1. Ibu saya seorang janda, dulu penghasilannya dari suami, setelah bapak saya meninggal, penghasilan dari anak anak, apakah ibu saya harus memiliki NPWP dan harus melapor pajak.

    2. Saya bekerja disuatu perusahaan swasta, dimana pajak penghasilan saya dibayar oleh kantor, dan dilaporkan kekantor pajak. Apakah saya harus melapor ke kantor pajak juga.

    Mohon bantuannya.

    Rgds

    SAlly

  2. December 19, 2016 at 6:33 am

    Jawaban saya untuk Pak Arman,
    jika perolehan penghasilan terkait pembelian rumah tersebut telah dpajaki (misal penghasilan selaku pegawai/karyawan yang telah dipotong PPh oleh perusahaan/pemberi kerja) maka saran saya cukup dengan melakukan pembetulan SPT untuk mengungkapkan kepemilikan aset rumah tersebut
    ___
    Namun jika penghasilan untuk memperoleh rumah tersebut berasal dari sumber penghasilan yang belum dipajaki (misal dari aktivitas usaha/bisnis/pekerjaan bebas yang rekan jalankan, dan atas perolehannya belum ditunaikan kewajiban pajaknya) maka silahkan rekan ungkapkan melalui permohonan tax amnesty

  3. December 19, 2016 at 6:44 am

    Jawaban untuk Ibu Sally,
    dalam kondisi Ibu hanya meneria semacam “bantuan” dari putra-putrinya seperti Ibu Sally sebutkan maka kami rasa tidak ada kewajiban bagi Ibunda untuk terdaftar/memiliki NPWP sendiri.
    Dalah hal Ibunda memiliki sumber penghasilan sendiri pun, kita lihat dulu, apakah penghasilan beliu dalam sebulnnya telah melebihi batasan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak yang saat ini ditetapkan nilainya 4.5juta/bulan) jika masih di bawah batasan PTKP artinya belum wajib terdaftar sebagai Wajib Pajak (NPWP)

  4. December 19, 2016 at 6:47 am

    Masih terkait jawaban pertanyaan Ibu Sally,
    sebagai karyawan yang penghasilan telah dipotong PPh setiap bulannya oleh perusahaan tempat bekerja, Ibu tetap wajib melaporkannya ke KPP tempat Ibu terdaftar setiap tahunnya (setahun sekali). Inilah yang disebut sebagai pelaporan SPT Tahunan.
    ___
    Setiap akhir tahun perusahaan wajib memberikan bukti potong PPh 21 kepada setiap karyawan sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan yang telah melakukan pemotongan PPh atas penghasilan yang dibayarkan kepada karyawan, dan dengan bermodal bukti potong yang diberikan oleh perusahaan tersebut-lah Ibu melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi.

Leave a reply