Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Kurang Lapor Harta

Saya karyawan full time yang pajaknya dibayarkan perusahaan. Pada tahun 2012 saya ada menjual asset properti yang tercantum pada SPT 2011 dan dananya saya tempatkan pada deposito, namun dana deposito tersebut tidak saya cantumkan pada daftar harta saya pada SPT 2012-2015? Apakah saya perlu ikut tax amnesty atau hanya revisi SPT? terima kasih.

Comments ( 4 )

  1. July 22, 2016 at 1:37 am

    sebaiknya diungkap melalui jalur tax amnesty rekan.
    Bukan suatu keharusan memang, namun pertimbangannya jika dilaporkan melalui jalur SPT Pembetulan, maka atas harta tersebut akan dianggap sebagai harta baru yang baru diungkap dimana penghasilan terkait perolehannya belum juga dilaporkan. Artinya, atas penghasilan (yang terwakili akumulasinya melalui harta tersebut) tersebut sangat mungkin dikenai pajak dengan tarif normal yang notabene lebih tinggi dari tarif uang tebusan tax amnesty.

    Berandai-andai jika harta tersebut tetap rekan tidak laporkan…
    resikonya, jika suatu waktu nanti ditemukan datanya oleh otoritas pajak, maka atas harta tersebut akan dianggap sebagai penghasilan pada saat kapan ditemukannya data harta tersebut, dengan sanksi kenaikan s.d. 200%.

    Demikian rekan, semoga bermanfaat.

    • September 5, 2016 at 4:19 am

      Lagi pula, ikut Tax Amnesti ibarat membeli Asuransi agar petugas pajak tidak dapat mengkoreksi / memberi sanksi atas kesalahan pelaporan yg mungkin saja terjadi kecuali penemuan HArta saja.

  2. July 22, 2016 at 2:51 am

    Terima kasih.Saya hanya bingung karena properti tersebut tercantum dalam SPT tahun sebelumnya dan surat/pajak jual beli ada. Hanya dana penjualan tidak terlapor dlm SPT tahun berikutnya.

    • September 5, 2016 at 4:23 am

      Lebih aman via Tax Amnesty saja walaupun pembetulan SPT ada kemungkinan tidak dikenai Sanksi.
      Perlu dilihatnya juga apakah pd Thn 2015 bpk di bawah atas diatas PTKP (baca Per DIrJen Pajak No 11 Thn 2016)
      Salam

Leave a reply